Muqorrobin, Rifqi (2016) Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Dari Hydro- Magneto Electric Regenerative Shock Absorber Pada Sistem Suspensi Kereta Api Dengan Bogie Tipe NT-11. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2113105025-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan bahan bakar kereta api 3 km/liter untuk
tenaga penggerak dan 25-30 liter per jam untuk penerangan dan
pendinginan ruangan. Hanya 10-16% energi dari bahan bakar
yang terpakai sebagai tenaga pendorong dan sisanya terbuang
pada panas mesin dan pengereman. Suspensi merupakan bagian
yang memiliki potensi sebesar 5-6 kW. Salah satu cara untuk
meningkatkan efisiensi adalah dengan menggunakan Hydro-
Magneto Electric Regenerative Shock Absorber (HMERSA)
Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan pemodelan dan
analisa respon dinamis dan energi bangkitan dari HMERSA pada
kereta api. Input yang diberikan pada simulasi ini yaitu input
sinusoidal dengan variasi kecepatan 20, 40 , 60 km/jam dan
bump yang dimodifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin
besar input sinusoidal yang diberikan pada maka gaya redam
yang diberikan akan semakin besar. Aplikasi HMERSA pada
kereta api didapatkan output kelistrikan arus listrik sebesar 5A,
energi bangkitan 100 W, Tegangan sebesar 20 V.Dari grafik RMS
didapatkan bahwa penggunaan kereta api dengan HMERSA
ditujukan pada kereta api jarak dekat dengan kecepatan 30 km/h.
==================================================================================================================
Necessary of fuel energy of train are 3km/liter for engine
energy and 25-30 litre are for lighting and conditioning. From
research only 10-16 % energy from fuel gas are use for engine
energy and the rest as engine heat, heat losses, and engine brake.
Suspension part is having potential energy 5-6 kW. One method
to upgrade efficiency is using Hydro Magneto Electrtic
Regenerative Shock Absorber (HMERSA)
In this Final Project is modeling and analysis dynamic
respon and power from HMERSA in train with properties from
real scale and simulation with MATLAB. Input for this simulation
are sinusoidal with three variation 20 km/h, 40 km/h, 60 km/h
and bump modified. Sinusoidal is modeling for condition railway
track and bump modified is modeling for connection between two
railway track.
From this research is conclusion that greater sinusoidal
input for HMERSA, Dumping Force is greater.HMERSA
application for train obtain electric output for electric torque 700
N, current 5A, Power 100 W, and voltage 20 V. The minimum
displacement for sinusoidal input is 40 km/h. For RMS graphic is
conclusion that HMERSA is effective when the velocity 30 km/h.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 620.3 Muq p |
Uncontrolled Keywords: | Kereta Api, Suspensi kereta api, HMERSA, Matlab , daya listrik bangkitan, respon dinamis. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 22 Jun 2017 07:18 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41832 |
Actions (login required)
View Item |