Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Dari Hydro- Magneto Electric Regenerative Shock Absorber Pada Sistem Suspensi Kereta Api Dengan Bogie Tipe NT-11

Muqorrobin, Rifqi (2016) Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Dari Hydro- Magneto Electric Regenerative Shock Absorber Pada Sistem Suspensi Kereta Api Dengan Bogie Tipe NT-11. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2113105025-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan bahan bakar kereta api 3 km/liter untuk tenaga penggerak dan 25-30 liter per jam untuk penerangan dan pendinginan ruangan. Hanya 10-16% energi dari bahan bakar yang terpakai sebagai tenaga pendorong dan sisanya terbuang pada panas mesin dan pengereman. Suspensi merupakan bagian yang memiliki potensi sebesar 5-6 kW. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi adalah dengan menggunakan Hydro- Magneto Electric Regenerative Shock Absorber (HMERSA) Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan pemodelan dan analisa respon dinamis dan energi bangkitan dari HMERSA pada kereta api. Input yang diberikan pada simulasi ini yaitu input sinusoidal dengan variasi kecepatan 20, 40 , 60 km/jam dan bump yang dimodifikasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin besar input sinusoidal yang diberikan pada maka gaya redam yang diberikan akan semakin besar. Aplikasi HMERSA pada kereta api didapatkan output kelistrikan arus listrik sebesar 5A, energi bangkitan 100 W, Tegangan sebesar 20 V.Dari grafik RMS didapatkan bahwa penggunaan kereta api dengan HMERSA ditujukan pada kereta api jarak dekat dengan kecepatan 30 km/h. ================================================================================================================== Necessary of fuel energy of train are 3km/liter for engine energy and 25-30 litre are for lighting and conditioning. From research only 10-16 % energy from fuel gas are use for engine energy and the rest as engine heat, heat losses, and engine brake. Suspension part is having potential energy 5-6 kW. One method to upgrade efficiency is using Hydro Magneto Electrtic Regenerative Shock Absorber (HMERSA) In this Final Project is modeling and analysis dynamic respon and power from HMERSA in train with properties from real scale and simulation with MATLAB. Input for this simulation are sinusoidal with three variation 20 km/h, 40 km/h, 60 km/h and bump modified. Sinusoidal is modeling for condition railway track and bump modified is modeling for connection between two railway track. From this research is conclusion that greater sinusoidal input for HMERSA, Dumping Force is greater.HMERSA application for train obtain electric output for electric torque 700 N, current 5A, Power 100 W, and voltage 20 V. The minimum displacement for sinusoidal input is 40 km/h. For RMS graphic is conclusion that HMERSA is effective when the velocity 30 km/h.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.3 Muq p
Uncontrolled Keywords: Kereta Api, Suspensi kereta api, HMERSA, Matlab , daya listrik bangkitan, respon dinamis.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2017 07:18
Last Modified: 27 Dec 2018 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41832

Actions (login required)

View Item View Item