Yuda, I Dewa Gede Adi Surya (2015) Studi Respons Dinamis dan Kekuatan Struktur Lambung Drillship untuk Operasi Pengeboran di Lepas Pantai. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4113201004-Master Thesis.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
Abstract
Drillship dibutuhkan sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas minyak dan gas
dalam negeri, sehingga perlu dilakukan banyak studi untuk mendukung pembangunan
drillship dalam negeri. Beban gelombang saat kondisi operasi pengeboran lepas pantai
menyebabkan beban dinamis yang berpengaruh terhadap respons dan kekuatan struktur.
Metode Analisa spektra digunakan untuk menentukan beban dinamis yang terjadi pada
drillship seiring dengan kenaikan tinggi gelombang signifikan. Karakteristik respon
struktur ditunjukkan dengan kurva Response Amplitude Operator (RAO) shear force dan
bending moment. RAO maksimal shear force adalah 75 MN/m dan banyak terjadi pada
frekuensi gelombang 0.5 rad/s. RAO maksimal bending moment secara ekstrim banyak
terjadi pada 0.65 rad/s yaitu mendekati 1000 MNm/m. Karakteristik respon struktur
dinamis pada gelombang acak menggunakan Analisa spektra pada data sebaran
gelombang perairan tak terbatas oleh ABS(2010). Respon Spektra shear force dan
bending moment tiap station yang didapat dari analisa spektra akan menjadi input untuk
Metode Elemen Hingga (FEM). Beban dinamis mengakibatkan daerah station yang dekat
dengan moonpool (daerah midship) yaitu station 13-21 memiliki stress yang cenderung
lebih besar dari station lainnya. Stress struktur dikorelasikan dengan kriteria kegagalan
ultimate struktur ASTM A852 sebagai material primary dan ASTM 897 sebagai material
secondary. Keruntuhan terjadi pada tinggi gelombang signifikan (Hs) sekitar 9 m karena
melebihi 4.83x108 Pa untuk jenis material logam ASTM A852.
===========================================================================================
The drillship is needed as a means to increase the productivity of oil and gas in the
country. Energy sustainability studies is needed to support the development of domestic
drillship. Wave load of offshore conditions cause dynamic loads effect on the response
and the strength of the drillship structure. Spectral analysis method is used to determine
the dynamic loads that occur on the drillship along with a increasing of significant wave
height. The response characteristics of the structure shown by shear force and bending
moment Response Amplitude Operator (RAO). For reguler wave, RAO maximum shear
force is 75 MN / m that occured at a frequency of 0.5 wave rad / s. Maximum bending
moment RAO occurred at 0.65 rad / s which is close to 1000 MNm / m. For the dynamic
structural response characteristics at random waves used spectral analysis on the
distribution data of world waves by ABS (2010). Shear force and bending moment
response spectra of each station were obtained from spectral analysis will be inputed to
the Finite Element Method (FEM). Dynamic loads of moonpool (midship area) or station
13-21 were larger than the other stations. Structure stress is correlated with the ultimate
criteria of ASTM A852 as the primary material and ASTM 897 as the secondary material.
The collapse occurred on the significant wave height (Hs) of about 9 meters because it is
more than 4.8x108 Pa as the type of metal material ASTM A852.====
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTKe 623.812 8 Yud s |
Uncontrolled Keywords: | drillship, respons struktur, beban dinamis, metode elemen hingga, ultimate strength |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 03:09 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 07:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41851 |
Actions (login required)
View Item |