Studi Respons Dinamis dan Kekuatan Struktur Lambung Drillship untuk Operasi Pengeboran di Lepas Pantai

Yuda, I Dewa Gede Adi Surya (2015) Studi Respons Dinamis dan Kekuatan Struktur Lambung Drillship untuk Operasi Pengeboran di Lepas Pantai. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4113201004-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Drillship dibutuhkan sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas minyak dan gas dalam negeri, sehingga perlu dilakukan banyak studi untuk mendukung pembangunan drillship dalam negeri. Beban gelombang saat kondisi operasi pengeboran lepas pantai menyebabkan beban dinamis yang berpengaruh terhadap respons dan kekuatan struktur. Metode Analisa spektra digunakan untuk menentukan beban dinamis yang terjadi pada drillship seiring dengan kenaikan tinggi gelombang signifikan. Karakteristik respon struktur ditunjukkan dengan kurva Response Amplitude Operator (RAO) shear force dan bending moment. RAO maksimal shear force adalah 75 MN/m dan banyak terjadi pada frekuensi gelombang 0.5 rad/s. RAO maksimal bending moment secara ekstrim banyak terjadi pada 0.65 rad/s yaitu mendekati 1000 MNm/m. Karakteristik respon struktur dinamis pada gelombang acak menggunakan Analisa spektra pada data sebaran gelombang perairan tak terbatas oleh ABS(2010). Respon Spektra shear force dan bending moment tiap station yang didapat dari analisa spektra akan menjadi input untuk Metode Elemen Hingga (FEM). Beban dinamis mengakibatkan daerah station yang dekat dengan moonpool (daerah midship) yaitu station 13-21 memiliki stress yang cenderung lebih besar dari station lainnya. Stress struktur dikorelasikan dengan kriteria kegagalan ultimate struktur ASTM A852 sebagai material primary dan ASTM 897 sebagai material secondary. Keruntuhan terjadi pada tinggi gelombang signifikan (Hs) sekitar 9 m karena melebihi 4.83x108 Pa untuk jenis material logam ASTM A852. =========================================================================================== The drillship is needed as a means to increase the productivity of oil and gas in the country. Energy sustainability studies is needed to support the development of domestic drillship. Wave load of offshore conditions cause dynamic loads effect on the response and the strength of the drillship structure. Spectral analysis method is used to determine the dynamic loads that occur on the drillship along with a increasing of significant wave height. The response characteristics of the structure shown by shear force and bending moment Response Amplitude Operator (RAO). For reguler wave, RAO maximum shear force is 75 MN / m that occured at a frequency of 0.5 wave rad / s. Maximum bending moment RAO occurred at 0.65 rad / s which is close to 1000 MNm / m. For the dynamic structural response characteristics at random waves used spectral analysis on the distribution data of world waves by ABS (2010). Shear force and bending moment response spectra of each station were obtained from spectral analysis will be inputed to the Finite Element Method (FEM). Dynamic loads of moonpool (midship area) or station 13-21 were larger than the other stations. Structure stress is correlated with the ultimate criteria of ASTM A852 as the primary material and ASTM 897 as the secondary material. The collapse occurred on the significant wave height (Hs) of about 9 meters because it is more than 4.8x108 Pa as the type of metal material ASTM A852.====

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.812 8 Yud s
Uncontrolled Keywords: drillship, respons struktur, beban dinamis, metode elemen hingga, ultimate strength
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures--Models
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:09
Last Modified: 06 Jul 2017 03:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41851

Actions (login required)

View Item View Item