Priharanto, Yuniar Endri (2015) PengaruhKompetensi dan Jumlah Kru Perawatan Terhadap Biaya Perawatan Kapal Penangkap Ikan dengan Pemodelan Dinamika Sistem. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4113204010-master_thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan kegiatan perawatan, baik perawatan preventif maupun reaktif, tidak
terlepas dari peran kru. Kompetensi dari seorang kru dapat diketahui dari
pendidikan dan pelatihan yang pernah diterima, keahlian dan pengalaman. Metode
dinamika sistem merupakan metode pemodelan yang menggunakan hubungan
sebab-akibat dalam menyusun model suatu sistem yang kompleks. Penggunaan
metode ini lebih ditekankan tentang bagaimana tingkah laku sistem. Kaitannya
dengan crew skill dan jumlah crew terhadap perawatan pada kapal latih karena
faktor human memiliki sifat yang dinamis, dengan pengertian kondisinya selalu
berubah terhadap waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan
kompetensi dan jumlah kru perawatan terhadap terhadap biaya perawatan kapal
penangkap ikan dengan menggunakan pendekatan dinamika system serta
merekomendasikan pilihan antara kompetensi kru dan jumlah kru perawatan yang
paling efektif untuk operasional kapal penangkap ikan sehingga menghasilkan
biaya perawatan yang minimum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan pemodelan dinamika sistem. Hasil simulasi menunjukkan pada
tingkat keandalan dipertahankan pada nilai minimum 0.6, biaya yang optimum
untuk perawatan adalah meningkatkan nilai kompetensi kru hingga level 120%
tanpa meningkatkan jumlah kru. Pada nilai minimum reliability 0.7 untuk mencapai
total biaya minimum dengan meningkatkan kompetensi kru hingga level 130% dan
jumlah kru hingga 2 orang. Selanjutnya untuk nilai minimum reliability 0.8 untuk
mencapai total biaya minimum dengan meningkatkan kompetensi kru hingga level
130% dan meningkatkan jumlah kru hingga 2 orang.
============================================================================================================
Implementation of maintenance activities, both preventive and corrective
maintenance, is inseparable from the role of the crew. Crew competence can be
observed from the level of education and training, expertise and experience. This
research utilized system dynamics modeling using causal relationships in
developing the model of a complex system to understand the behavior of the system
reliability when there is a change in either crew competence or crew size for fishing
vessel. The objective of this study is to model the competence and crew size on the
fishing vessel and observe its impact on maintenance cost by using system dynamics
approach. By using such a model, we could recommend the most effective design of
crew skills and crew size for the operation of fishing vessels which minimizes the
maintenance cost. This research uses a system dynamics modeling to solve the
problem. The simulation results show when the level of reliability is set to minimum
value 0.6, the optimum cost for maintenance is obtained by increasing the level of
crew skills to 120% without increasing crew size. When the minimum value of
reliability is set to 0.7, the optimum cost for maintenance is obtained when we
improve the competence of crew level to 130% with change crew size to 2 crews.
And for the minimum level of reliability is set to 0.8, the optimum cost for
maintenance is gained when we increasing crew skill level to 130% and increase
the crew size up to 2 crews.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan perawatan, kompetensi kru, jumlah kru, dinamika sistem. |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Mr. Fandika aqsa |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 02:31 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 02:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41939 |
Actions (login required)
View Item |