PengaruhKompetensi dan Jumlah Kru Perawatan Terhadap Biaya Perawatan Kapal Penangkap Ikan dengan Pemodelan Dinamika Sistem

Priharanto, Yuniar Endri (2015) PengaruhKompetensi dan Jumlah Kru Perawatan Terhadap Biaya Perawatan Kapal Penangkap Ikan dengan Pemodelan Dinamika Sistem. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4113204010-master_thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan perawatan, baik perawatan preventif maupun reaktif, tidak terlepas dari peran kru. Kompetensi dari seorang kru dapat diketahui dari pendidikan dan pelatihan yang pernah diterima, keahlian dan pengalaman. Metode dinamika sistem merupakan metode pemodelan yang menggunakan hubungan sebab-akibat dalam menyusun model suatu sistem yang kompleks. Penggunaan metode ini lebih ditekankan tentang bagaimana tingkah laku sistem. Kaitannya dengan crew skill dan jumlah crew terhadap perawatan pada kapal latih karena faktor human memiliki sifat yang dinamis, dengan pengertian kondisinya selalu berubah terhadap waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan kompetensi dan jumlah kru perawatan terhadap terhadap biaya perawatan kapal penangkap ikan dengan menggunakan pendekatan dinamika system serta merekomendasikan pilihan antara kompetensi kru dan jumlah kru perawatan yang paling efektif untuk operasional kapal penangkap ikan sehingga menghasilkan biaya perawatan yang minimum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pemodelan dinamika sistem. Hasil simulasi menunjukkan pada tingkat keandalan dipertahankan pada nilai minimum 0.6, biaya yang optimum untuk perawatan adalah meningkatkan nilai kompetensi kru hingga level 120% tanpa meningkatkan jumlah kru. Pada nilai minimum reliability 0.7 untuk mencapai total biaya minimum dengan meningkatkan kompetensi kru hingga level 130% dan jumlah kru hingga 2 orang. Selanjutnya untuk nilai minimum reliability 0.8 untuk mencapai total biaya minimum dengan meningkatkan kompetensi kru hingga level 130% dan meningkatkan jumlah kru hingga 2 orang. ============================================================================================================ Implementation of maintenance activities, both preventive and corrective maintenance, is inseparable from the role of the crew. Crew competence can be observed from the level of education and training, expertise and experience. This research utilized system dynamics modeling using causal relationships in developing the model of a complex system to understand the behavior of the system reliability when there is a change in either crew competence or crew size for fishing vessel. The objective of this study is to model the competence and crew size on the fishing vessel and observe its impact on maintenance cost by using system dynamics approach. By using such a model, we could recommend the most effective design of crew skills and crew size for the operation of fishing vessels which minimizes the maintenance cost. This research uses a system dynamics modeling to solve the problem. The simulation results show when the level of reliability is set to minimum value 0.6, the optimum cost for maintenance is obtained by increasing the level of crew skills to 120% without increasing crew size. When the minimum value of reliability is set to 0.7, the optimum cost for maintenance is obtained when we improve the competence of crew level to 130% with change crew size to 2 crews. And for the minimum level of reliability is set to 0.8, the optimum cost for maintenance is gained when we increasing crew skill level to 130% and increase the crew size up to 2 crews.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kegiatan perawatan, kompetensi kru, jumlah kru, dinamika sistem.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 10 Jul 2017 02:31
Last Modified: 10 Jul 2017 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41939

Actions (login required)

View Item View Item