Kurniawan, Reza (2015) Studi Keterlambatan Proyek Pembangunan Kapal Kargo dengan Metode Bow Tie Analysis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4310100053-undergraduated_theses.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penyelesaian proyek pembangunan kapal kargo sering tidak sesuai dengan jadwal awal yang
telah ditetapkan dalam kontrak dengan owner. Banyak faktor yang mempengaruhi
diantaranya adalah peralatan produksi, material yang dibutuhkan, sumber daya manusia serta
biaya. Keterlambatan proyek ini memiliki akibat yang merugikan perusahaan galangan kapal
diantaranya adalah denda akibat terlambatnya proses pembangunan kapal kargo, proses uji
coba dan pengiriman kapal juga terlambat, dll. Proses dari analisa ini memiliki banyak faktor
sebab dan akibat keterlambatan proyek pembangunan kapal kargo untuk itu dibutuhkan
sebuah metode pendekatan yang sistematis. Pada Tugas Akhir ini digunakan analisa semi
kuantitatif terhadap keterlambatan proyek pembangunan kapal kargo 8000T Self Propeled
Cement Barge Tonasa Lines dengan panjang kapal (LOA) 112,7 m, tinggi kapal 7,9 m, dan
lebar kapal 24 m menggunakan metode bow-tie analysis. Metode ini adalah gabungan antara
metode falut tree analysis (FTA) dan event tree analysis (ETA) dimana setelah digabung
menjadi satu dalam bow-tie analysis akan dihasilkan langkah pencegahan akar permasalahan
dan pengurangan akibat permasalahan tersebut dengan bantuan barrier pada diagram bow-tie.
Dari hasil analisa menggunakan FTA didapatkan hasil total peluang kejadian top event
keterlambatan proyek konstruksi kapal kargo terjadi sebesar 0,0935. Hasil diagram ETA
didapatkan hasil kapal kargo selesai diproduksi namun mengalami keterlambatan berkisar
antara 1 minggu – 1,5 tahun diakibatkan berbagai macam faktor dan dikenai denda
perharinya yaitu 1 0ൗ00 dari total nilai kontrak Rp 122.000.000.000 ,-. Jadi denda berkisar
antara Rp 854.000.000,- hingga Rp 65.880.000.000,-. Gabungan dari kedua analisa tersebut
terdapat dalam diagram bow-tie analysis dalam bentuk barier untuk ancaman dari FTA yang
berfungsi sebagai pencegahan dan barier untuk konsekuansi dari ETA yang berfungsi
sebagai pengurangan akibat keterlambatan dapat dilihat pada gambar 4.16.
===========================================================================================================
The project completion of the ship cargo construction often miss the planned
contract with owner. Required materials, human resources and costs, were one of
many factors that affect the construction. This project delay has adverse
consequences the shipbuilding company, include penalties for delays in the
construction process, delay process of testing and delivery of the ship, etc. Many
factors to analyze the causes and consequences of cargo ship construction project
delays and require a systematic approach. This research used semi-quantitative
analysis of the cargo ship construction delay with a bow-tie analysis method. This
method is a combination of the fault tree analysis method (FTA) and event tree
analysis method (ETA), merged into the bow-tie analysis to produce a
precautionary measure root causes and reducing the impact of these problems
with the help of barrier on the bow-tie diagram. The result of this analysis
obtained using the FTA total chances of top event, indicate that cargo ship
construction project delays probability at 0.0935. The results showed in ETA
diagram cargo ships had already produced, but have experienced delays ranged
from 1 week to 1.5 years due to various factors and fined 1 per day from the
total contract value of Rp 122 billion. So the penalty between Rp 854 million - Rp
65.88 billion. A combination of both the analysis contained in the bow-tie
diagram analysis show in the threat barrier from FTA to prevent any threats, and
consequences from ETA to do consequence reductions due to delays that can be
seen in Figure 4.16.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 658.404 Kur s |
Uncontrolled Keywords: | Studi Keterlambatan Proyek, Pembangunan Kapal Kargo, Fault Tree Analysis, Event Tree Analysis, Bow Tie Analysis |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Fandika aqsa |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:03 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:03 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41977 |
Actions (login required)
View Item |