Analisis Segmentasi Preferensi Televisi (Studi Kasus Di Kelurahan Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Surabaya)

Anggara, Rahmat Dwi (2017) Analisis Segmentasi Preferensi Televisi (Studi Kasus Di Kelurahan Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Surabaya). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1314030090-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
1314030090-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang terus berkembang khususnya pada televisi mampu menciptakan bermacam-macam bentuk dan fungsi yang ada didalamnya, sehingga semakin menunjang masyarakat dalam menikmati suatu acara yang ada di televisi. Keinginan masyarakat yang berbeda dalam memilih suatu produk televisi merupakan tantangan bagi perusahaan televisi untuk dapat membuat suatu produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat sehingga perlu adanya strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini akan menggunakan Statistika Deskriptif untuk mengetahui karakteristik rumah tangga di Kelurahan Kalijudan, Thurstone Case V untuk menganalisis prioritas dari atribut televisi yaitu kecerahan gambar, kejernihan suara, tahan lama, desain, harga, mudah dioperasikan, dan bergaransi, serta Analisis Cluster dan Tabulasi Silang untuk membuat dan menganalisis setiap segmen yang terbentuk. Hasil analisis penelitian ini adalah pada analisis statistika deskriptif pendapatan perbulan rumah tangga paling banyak adalah kurang dari Rp. 3.200.000, atribut yang memiliki prioritas tinggi adalah kecerahan gambar, pada analisis segmentasi diperoleh segmen pertama dengan pendapatan dan pengeluaran perbulan lebih dari Rp. 3.200.000, pendidikan terakhir kepala rumah tangga lulusan perguruan tinggi, dan media informasi yang paling sering digunakan adalah internet, sedangkan segmen dua pendapatan dan pengeluaran kurang dari Rp. 3.200.000, pendidikan terakhir kepala rumah tangga pendidikan menengah, dan media informasi yang paling sering digunakan adalah televisi.
===============================================================================================
Technological progress which continues to grow especially on television capable of creating variform and functions that are inside them, so that the community increasingly support in enjoy an event that is on television. Desire different society in choosing a product television is a challenge for television companies to be able to make a product in accordance with the wishes of the community so it needs marketing strategies good. This research will use descriptive statistika to know household characteristics in kelurahan kalijudan, thurstone case v to analyse priority of attributes namely brightness television pictures, lucidity sound, durable, design, the price of, easily operated, and warranty, the analysis clusters and cross tabulation to make and analyze each segment formed. The results of the analysis of this research is in the analysis descriptive statistics monthly income households the most is less than Rp. 3.200.000, an attribute that has priority is brightness of the image, in the analysis segmentation obtained the segments first with monthly income and expenditure more than Rp. 3.200.000, education last the head of the household a graduate of a college, and information media most often used is the internet. Segments two are income and expenditure less than Rp. 3.200.000, education last the head of the household secondary education, and information media most often used is television.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.535 Ang a-1
Uncontrolled Keywords: Analisis Cluster, Analisis Thurstone Case V, Kalijudan, Mulyorejo, Statistika Deskriptif, Tabulasi Silang, Televisi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Rahmat Dwi Anggara
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:13
Last Modified: 05 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42149

Actions (login required)

View Item View Item