Implementasi Filter Rekonstruksi untuk Menghasilkan Efek Motion Blur pada Game Engine Urho3D

Syihab, Yusuf Umar Ibnu (2015) Implementasi Filter Rekonstruksi untuk Menghasilkan Efek Motion Blur pada Game Engine Urho3D. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5107100086-undergraduate_thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motion blur merupakan salah satu efek kamera yang muncul dikarenakan adanya waktu exposure kamera. Efek visual ini biasa disimulasikan pada film dan game untuk menambah kesan realistis. Beberapa tahun terakhir ini, motion blur mulai umum tersedia pada game engine modern. Sayangnya karena berbagai keterbatasan, beberapa game engine open source masih belum menyediakan motion blur, salah satunya Urho3D. Tugas akhir ini mencoba mengimplementasi filter rekonstruksi untuk membuat efeke motion blur pada Urho3D. Filter rekonstruksi merupakan algoritma gather yang menyimulasikan efek motion blur secara realtime. Dari hasil implementasi di tugas akhir ini menunjukkan filter rekonstruksi membutuhkan fine-tuning parameter untuk menghasilkan hasil yang cocok untuk situasi scene dan target hardware. ========================================================================================================== Motion blur is a visual effect caused by natural camera exposure time. This kind of effect is common used in film and video games to achieve more realistic pictures. Recently, motion blur is common effect integrated on many modern game engine. Unfortunately, because of limited developer time and power, it still uncommon to see motion blur implemented on open source game engine, one of them is Urho3D. This final project will try to implement reconstruction filter to achieve motion blur effect on Urho3D. Reconstruction filter is an gather algorithm to simulate plausible motion blur in realtime. This final project implementation resulting the need of finetuning parameter to achieve better motion blur effect to suit specific scene and target hardware.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.42 Syi i
Uncontrolled Keywords: motion blur, realtime, game engine, open source, Urho3D.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 14 Jul 2017 07:37
Last Modified: 14 Jul 2017 07:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42180

Actions (login required)

View Item View Item