Analisis CFD Hambatan Viskos Katamaran Tak Sejajar (Staggered) Dengan Variasi Penempatan Posisi Demihull Secara Memanjang Dan Melintang

Hermanto, Doddy (2014) Analisis CFD Hambatan Viskos Katamaran Tak Sejajar (Staggered) Dengan Variasi Penempatan Posisi Demihull Secara Memanjang Dan Melintang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4106100006-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4106100006-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak keuntungan dan kelebihan yang didapat dari desain kapal katamaran. Beberapa
keuntungan yang bisa didapat dari desain ini adalah tersedianya luas permukaan geladak
kapal yang luas, nilai stabilitasnya yang lebih baik dan memiliki tingkat keselamatan yang
lebih tinggi. Untuk konsumsi bahan bakar mampu dikurangi secara signifikan daripada
kapal monohull. Kemudian hambatan yang dihasilkan dari desain katamaran ini relatif
lebih kecil, dari kapal monohull untuk displasemen yang sama. Beberapa waktu terakhir
ini ini desain kapal katamaran dengan desain yang agak "nyeleneh" pun jadi object
penelitian. Desain demihull katamaran yang umumnya sejajar, kini dirubah posisinya
menjadi tak sejajar. Tugas akhir ini khususnya bertujuan untuk mengetahui pengaruh
hambatan katamaran tak sejajar pada berbagai variasi posisi demihull. Desain lambung
katamaran menggunakan desain yang sama dengan model kapal pada pengujian Towing
Tank-LHI (Laboratorium Hidrodinamika Indonesia). Variasi posisi lambung katamaran
dilakukan secara melintang dan memanjang. Pada variasi posisi melintang diberikan
jarak pemisah lambung (demihull) yaitu S/L= 0.2 dan 0.4. Kemudian pada variasi posisi
memanjangnya yaitu R/L= 0.2 dan 0.4. Analisa perhitungan hambatan dan pengaruh
interferensi antara kedua lambung menggunakan software ANSYS-CFD pada berbagai
kecepatan dengan variasi angka Froude yaitu Fn= 0.2: 0.28: 0.37: 0.46: 0.56 dan 0.65.
Hasil analisa menggunakan ANSYS-CFD kemudian dilakukan perbandingan dengan hasil
pengujian katamaran asimetris pada Towing Tank-LHI di ITS.

=====================================================================================

There are some advantages can be obtained by the design of catamaran boat. Particularly,
the avaliable of larger main deck, a good level of stability and have a better survival rate.
In addition, the fuel consumptions and resitance can be reduced significantly compare a
monohull vessel at the same level of displacement value. Nowdays, there are many various
design of catamaran have developed to obtain the best optimization for lower resistance
and higher speed. One of the various design of catamaran could be investigated is
staggered catamaran which demihull position are not parallel like common catamaran.
This thesis concerned to insvestigation viscous resistance and the resulting viscous
interference between the two hulls of ships. Staggered catamaran hull design using a
design similar to the model testing of ships on Towing Tank-IHL (Indonesian
Hydrodynamics Laboratory). This design process are given by varying the transvers
distance at S / L = 0.2 and 0.4. and by the logitudinal distance at R/L= 0.2 and 0.4 and
then Analysis of constraints and calculation of interference effects between the two hull
using ANSYS-CFD at various speeds with the variation of the Froude number Fn = 0.19:
0.28: 0.37: 0.46: 0.56 and 0.65. The results of CFD analysis using ANSYS-CFX, then do
the comparison and validation with test results on the staggered catamaran Towing Tank-
IHL ITS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.848 Her a
Uncontrolled Keywords: hambatan, katamaran tak sejajar, jarak pemisah lambung, CFD, Ansys, resistance, staggered catamaran, hull separation distance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:35
Last Modified: 17 Jul 2017 03:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item View Item