Analisis CFD Hambatan Viskos Katamaran Tak Sejajar (Staggered) Dengan Variasi Penempatan Posisi Demihull Secara Memanjang Dan Melintang

Hermanto, Doddy (2014) Analisis CFD Hambatan Viskos Katamaran Tak Sejajar (Staggered) Dengan Variasi Penempatan Posisi Demihull Secara Memanjang Dan Melintang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4106100006-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak keuntungan dan kelebihan yang didapat dari desain kapal katamaran. Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari desain ini adalah tersedianya luas permukaan geladak kapal yang luas, nilai stabilitasnya yang lebih baik dan memiliki tingkat keselamatan yang lebih tinggi. Untuk konsumsi bahan bakar mampu dikurangi secara signifikan daripada kapal monohull. Kemudian hambatan yang dihasilkan dari desain katamaran ini relatif lebih kecil, dari kapal monohull untuk displasemen yang sama. Beberapa waktu terakhir ini ini desain kapal katamaran dengan desain yang agak "nyeleneh" pun jadi object penelitian. Desain demihull katamaran yang umumnya sejajar, kini dirubah posisinya menjadi tak sejajar. Tugas akhir ini khususnya bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan katamaran tak sejajar pada berbagai variasi posisi demihull. Desain lambung katamaran menggunakan desain yang sama dengan model kapal pada pengujian Towing Tank-LHI (Laboratorium Hidrodinamika Indonesia). Variasi posisi lambung katamaran dilakukan secara melintang dan memanjang. Pada variasi posisi melintang diberikan jarak pemisah lambung (demihull) yaitu S/L= 0.2 dan 0.4. Kemudian pada variasi posisi memanjangnya yaitu R/L= 0.2 dan 0.4. Analisa perhitungan hambatan dan pengaruh interferensi antara kedua lambung menggunakan software ANSYS-CFD pada berbagai kecepatan dengan variasi angka Froude yaitu Fn= 0.2: 0.28: 0.37: 0.46: 0.56 dan 0.65. Hasil analisa menggunakan ANSYS-CFD kemudian dilakukan perbandingan dengan hasil pengujian katamaran asimetris pada Towing Tank-LHI di ITS. ===================================================================================== There are some advantages can be obtained by the design of catamaran boat. Particularly, the avaliable of larger main deck, a good level of stability and have a better survival rate. In addition, the fuel consumptions and resitance can be reduced significantly compare a monohull vessel at the same level of displacement value. Nowdays, there are many various design of catamaran have developed to obtain the best optimization for lower resistance and higher speed. One of the various design of catamaran could be investigated is staggered catamaran which demihull position are not parallel like common catamaran. This thesis concerned to insvestigation viscous resistance and the resulting viscous interference between the two hulls of ships. Staggered catamaran hull design using a design similar to the model testing of ships on Towing Tank-IHL (Indonesian Hydrodynamics Laboratory). This design process are given by varying the transvers distance at S / L = 0.2 and 0.4. and by the logitudinal distance at R/L= 0.2 and 0.4 and then Analysis of constraints and calculation of interference effects between the two hull using ANSYS-CFD at various speeds with the variation of the Froude number Fn = 0.19: 0.28: 0.37: 0.46: 0.56 and 0.65. The results of CFD analysis using ANSYS-CFX, then do the comparison and validation with test results on the staggered catamaran Towing Tank- IHL ITS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.848 Her a
Uncontrolled Keywords: hambatan, katamaran tak sejajar, jarak pemisah lambung, CFD, Ansys, resistance, staggered catamaran, hull separation distance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:35
Last Modified: 17 Jul 2017 03:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item View Item