Wijaya, Jockey Satria (2017) Advanced Traveler Information System: Optimasi Rencana Perjalanan Dengan Orienteering Problem Model dan Iterative Local Search with Hill Climbing (Studi Kasus: Trayek Angkot Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5213100177-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan yang menjadi perhatian pemerintah di kota – kota besar seperti Surabaya. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Kota Surabaya untuk mengurangi intensitas kemacetan yang terjadi, mulai dari berbagai kebijakan seperti jalur khusus sepeda motor, plat ganjil – genap, dan sebagainya. Namun hal tersebut masih dirasa belum mampu mengurangi alur lalu lintas padat di kota besar. Faktor penentu terjadinya kemacetan adalah volume kendaraan pribadi yang terlalu tinggi. Karena itu pemerintah Kota Surabaya telah menyediakan transportasi umum seperti angkot yang saat ini merupakan transportasi umum utama di Kota Surabaya.Untuk mendukung program pemerintah Kota Surabaya, sekaligus mengembangkan Surabaya Intelligent Transport System, penelitian ini mengusulkan pembuatan model matematika untuk mengetahui jalur alternatif optimal, saat masyarakat ingin bepergian menggunakan angkot. Pembuatan model matematika dilakukan dengan metode Orienteering Problem dan dengan kode trayek angkot JK, F, JMK, I, RT, GS yang didapat dari website Dinas Perhubungan Kota Surbaya. Data jarak dan waktu tempuh tiap tempat yang dikunjungi angkot di dapat dari Google Maps. Model yang telah dibentuk dengan Orienteering Problem, akan dicari solusi model optimal dengan menggunakan Iterative Local Search. Dalam pencarian solusi model, perlu dibentuk sebuah data set untuk membantu pencarian solusi dengan cepat dan tepat. Data set pada penelitian ini berbentuk matriks yang berisikan waktu tempuh terpendek pada seluruh node. Algoritma Dijkstra digunakan untuk membantu konstruksi data set. Penelitian ini menghasilkan network model dari ke 6 rute lengkap dengan lokasi tiap node, waktu tempuh, dan juga jarak antar node. Selain itu penelitian ini juga menghasilkan model matematika, algoritma penyelesaian model dengan menggunakan program java, serta data set waktu tempuh untuk ke 6 rute yang dapat digunakan untuk pengembangan selanjutnya. Hasil dari pencarian solusi model OP ini menunjukkan Orienteering Problem dapat digunakan untuk memodelkan trayek angkot Surabaya. Penggunaan Roulette Wheel Selection dalam seleksi solusi pada penelitian ini menunjukkan semakin banyak solusi yang dipilih, maka kemungkinan algoritma menemukan solusi terbaik semakin tinggi. Algoritma Iterative Local Search yang digunakan untuk mencari solusi OP didasarkan pada operasi pencarian lokal yaitu swap, insertion, dan deletion. Penggabungan ketiga metode pencarian lokal tersebut menghasilkan solusi yang lebih baik apabila dibandingkan dengan hanya menggunakan salah satu metode pencarian lokal. Secara umum algoritma Iterative Local Search dapat menyelesaikan permasalahan OP dengan cepat dan efisien. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan Surabaya Intelligent Transport System sekaligus membantu pemerintah Kota Surabaya dalam rencana revitalisasi angkot di Surabaya.
========================================================================================================================
Traffic congestion is a problem that becomes government concern in a big city like Surabaya. Many things have been done by the government to decrease the intensity of traffic congestion, ranging from various policy like special lane for motorcycle, odd – even license plate, etc. However, it is still considered not be able to decrease the heavy traffic in a big city. The determinants of traffic congestion is the volume of private vehicle is too high. Because of it, Surabaya’s government has provided city transport like angkot. In the mean time, angkot is one of the major public transportation in Surabaya. To support government’s program, while developing Surabaya Intelligent Transport System, this research propose a mathematical modeling to find out the optimal alternative path, when people want to go somewhere using angkot. The making of mathematical models is done with Orienteering Problem method. We use angkot’s route with code JK, F, JMK, O, RT, and GS obtained from Dinas Perhubungan Kota Surabaya’s website. While the distance and travelling time data obtained from Google Maps. The created model, will be searched for optimal model solutions using Iterative Local Search. In the search for model solutions, we need a data set to help us find the solution with high accuracy but also fast. The data set will be in the form of matrix that contain fastest travelling time on all nodes. Dijkstra’s Algorithm is used to help create such data set. This research produce a network model from the 6 angkot’s route complete with the location of every nodes, travelling time, and distance between node. Furthermore, this research also produce mathematical model, algorithm to solve model using Java, and data set that contain travel time on all nodes that can be used in next development. The search result for an OP solution shows that Orienteering Problem can be use to model angkot’s route in Surabaya. The use of Roulette Wheel Selection in this research indicates that the more solutions are selected, then the algorithm is more likely to find the most optimal solution. The Iterative Local Search algorithm used to find OP solution is based on several local search operations namely swap, insertion, and deletion. The best solution found when the three methods integrated rather than used individually. Generally speaking, Iterative Local Search algorithm can solve OP problem fast and effectively. The existence of this research is expected to further develop Surabaya Intelligent Transport System while helping the government in their plan to revitalize angkot in Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orienteering Problem, Iterative Local Search, Public Transport, Optimation, Modeling |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Jockey Satria Wijaya |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 02:59 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 03:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/42253 |
Actions (login required)
View Item |