Rancang Bangun Prototipe Fitur Voting Sensitif Waktu Pada Hasil Pencarian Perangkat Lunak Untuk Meningkatkan Relevansi

Adimah, Ahmad Yusuf Fauzan (2017) Rancang Bangun Prototipe Fitur Voting Sensitif Waktu Pada Hasil Pencarian Perangkat Lunak Untuk Meningkatkan Relevansi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5213100133_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fitur search merupakan sumber terbesar untuk memudahkan akses informasi di internet. Untuk mendapatkan pelanggan baru maka sebuah website harus menyajikan konten yang tepat dalam waktu yang cepat sehingga mampu meningkatkan jumlah pelanggan dan bersaing dengan website lainnya. Namun sering kali pelanggan tidak menemukan aplikasi yang benar-benar ia butuhkan saat melakukan pencarian. Dalam layanan konten digital seperti google play aplikasi yang memiliki rating paling tinggi berada pada posisi paling atas, dan aplikasi yang memiliki voting lebih sedikit akan mendapatkan rating yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi yang memiliki lebih banyak voting. Sehingga pelanggan lebih sering mendownload aplikasi yang berada pada urutan paling atas padahal belum tentu aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang paling relevan dengan kebutuhannya. Pada penelitian ini, akan dibangun sebuah prototipe fitur voting dengan menggunakan perhitungan Wilson Score Interval. Metode ini mempunyai sifat yang baik untuk perhitnungan jumlah kecil dan jumlah besar atau ekstrim sehingga sesuai untuk diimplementasikan dalam studi kasus ini. Dari penilitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa prototipe yang dikembangkan dengan menggunakan metode Wilson Score Interval dapat meningkatkan relevansi hasil pencarian yang sesuai dengan perspektif pengguna. Hal ini dikarenakan jumlah voting pengguna pada suatu aplikasi diperhitungkan sehingga urutan yang ditampilkan cocok dengan hasil voting yang sudah dilakukan dan urutan aplikasi sesuai dengan apa yang pengguna nilai ======================================================================================================================== The search feature is the largest source for easy access to information on the internet. To get new customers then a website should present the right content in the fast that is able to increase the number of customers and compete with other websites But often the customers do not find applications that really he needed when searching. In digital content services like google play application that has the highest rating being at the top position, and applications have fewer voting would get a higher rating than applications that have more voting. So that customers more often download applications that are at the top of the order but not necessarily such an application is the application that is most relevant to their needs. In this research, will be built a prototype voting feature by using the calculation of the Wilson Score Interval. This method has good properties for a calculation of the number of small and large quantities or extreme so according to be implemented in this case study. From research conducted obtained results that are developed using the prototype method of the Wilson Score Interval can improve the relevance of search results that match the user's perspective. This is due to the number of users voting on an application is taken into account so that the displayed order matches the results of the voting that has already been done and the order of the applications in accordance with what the user value.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prototype, Website, Voting, Average Rating, Wilson Score Interval
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Adimah Ahmad Yusuf Fauzan
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:16
Last Modified: 15 Aug 2017 03:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42279

Actions (login required)

View Item View Item