Rancang Bangun Realitas Virtual Rumah Hantu Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android

Imantaka, Ivan Adrian (2017) Rancang Bangun Realitas Virtual Rumah Hantu Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112100180-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengembang telah membuat aplikasi realitas virtual dengan berbagai jenis, salah satunya adalah aplikasi realitas virtual yang berkategori horor. Dan dengan pasar aplikasi pada umumnya terus menuntut developer untuk membuat aplikasi yang lebih baik, dengan adanya implementasi faktor-faktor yang menjadi daya tarik tayangan horor, diharapkan pengembang bisa mengembangkan aplikasi realitas virtual horor yang lebih berkualitas. Pada tugas akhir ini penulis membuat aplikasi realitas virtual rumah hantu dengan mengimplementasikan faktor-faktor yang menjadi daya tarik tayangan horor yang dicantumkan pada paper berjudul Understanding the Popular Appeal of Horror Cinema: An Integrated-Interactive Model oleh Dr. Glenn D. Walters yaitu ketegangan, relevansi, dan ketidaknyataan. Aplikasi realitas virtual ini dapat digunakan pada perangkat bergerak dengan sistem operasi android menggunakan Google Cardboard. Aplikasi dibangun menggunakan game engine Unity 5.5.2f1 (64-bit) dan Android SDK 23.0.1. Uji coba pada tugas akhir ini menggunakan skenario uji coba dengan metode pengambilan kuesioner dari pengguna. Penguji aplikasi tugas akhir ini adalah sepuluh orang yang secara acak ditemukan penguji. Dari hasil kuesioner yang telah diajukan kepada penguji, aplikasi ini menunjukkan bahwa faktor ketegangan, relevansi, dan ketidaknyataan dapat dijadikan acuan pada unsur menakutkan dalam skenario pada aplikasi ini karena rekapitulasi data dari kuesioner menunjukkan di atas 50 dari seluruh pertanyaan tentang rasa takut dijawab setuju oleh penguji. ======================================================================================================================== Developers have created virtual reality applications of various types, one of which is virtual reality applications that are categorized as horror. And with the application market in general continue to demand developers to create better applications, with the implementation of factors that become the attraction of horror shows, it is expected that developers can develop virtual reality application horror more qualified. In this final project, the writer make virtual reality application of ghost house by implementing the factors that become the attraction of horror show which is included in the paper entitled Understanding the Popular Appeal of Horror Cinema: An Integrated-Interactive Model by Dr. Glenn D. Walters is tension, relevance, and unrealism. This virtual reality application can be used on mobile devices with android operating system using Google Cardboard. The application is built using the game engine Unity 5.5.2f1 (64-bit) and Android SDK 23.0.1. Trial on this final project using trial scenario with method of making questioner from user. Tester of this final application is ten people who are randomly found testers. From the results of the questionnaires that have been submitted to the examiners, this application shows that the factors of tension, relevance, and unrealism can be used as a reference to the scary element in the scenario in this application because the data recapitulation of the questionnaire shows above 50 of all questions about fear answered agreed by testers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Realitas virtual, rumah hantu, psikologi, android, perangkat bergerak, virtual reality, ghost house, psychology, android, mobile devices
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Ivan Adrian Imantaka
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:07
Last Modified: 05 Mar 2019 03:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42282

Actions (login required)

View Item View Item