Analisis Kinerja Penjual Online Pada Kanal Mobile Chatting Untuk Penjualan Produk Cookware (Studi Kasus : Forbento.com)

Imandani, Safrina Kharisma (2017) Analisis Kinerja Penjual Online Pada Kanal Mobile Chatting Untuk Penjualan Produk Cookware (Studi Kasus : Forbento.com). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5213100028-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salesman online sekarang lazim ditemukan dalam dunia bisnis dalam meningkatkan penjualan melalui internet. Salah satu usaha yang menggunakan jasa salesman online adalah Forbento.com. Forbento.com adalah sebuah perusahaan skala mikro di Indonesia yang menyediakan beragam peralatan memasak untuk menyiapkan dan menyajikan makanan bergaya Jepang. Untuk menjual produk-produknya, Forbento.com menggunkan layanan mobile chatting yang dikelola oleh dua salesman online. Selama periode enam tahun, jumlah penjualan naik-turun secara bervariasi. Pemilik Forbento.com berasumsi bahwa salah satu dari permasalahan dalam closing transaction yang terletak pada kinerja salesman online. Oleh karena itu, penting untuk menilai kinerja dari kedua salesman. Saat ini, manajer cenderung bergantung pada penilaian ahli secara subjektif sebagai satu-satunya metode dalam menentukan kinerja salesman online dimana hasilnya tidak dapat di pertanggungjawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan sebuah metode untuk mengevaluasi kinerja salesman online berdasarkan pada catatan percakapan dalam mobile chatting. Ada lima pengukuran yang digunakan yaitu response time, sales rate, sales amount, sales product quantity dan Product variance. Penulis menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis data selama dua bulan. Selanjutnya, penulis menggunakan uji Independent-Samples T test untuk membandingkan kinerja kedua salesman online yang didasari pada pengukuran yang telah disebutkan sebelumnya. Hasil penelitian menggunakan uji Independent-Samples T test menunjukan bahwa kinerja salesman online A lebih baik secara signifikan jika dibandingkan dengan salesman online B dalam hal response time. Sedangkan untuk kinerja salesman online A dan salesman online B tidak berbeda secara signifikan dalam hal sales amount, sales rate, product quantity, dan product variance. ======================================================================================================================== Online salesmen are prevalent in business nowadays to boost sale s over the internet. One organization that uses online salesman is Forbento.com. Forbento.com is an Indonesian small company that provides a wide array of cookware to prepare and present Japanese - style food. In order to sell its products, Forbento.com uses mobile chatting managed by two online salesmen. Over the six - year period, the sales number fluctuates variably. The owner suspect that one of the problem in sales closing lies on the online salesman performance. Hence, it is important to assess the perfor mance of both salesmen. Currently, the manager depends on subjective expert judgement as the sole method in determining the salesman performance in which the result is truly unreliable. This study aims to propose a method that evaluate salesman performance based on mobile chat conversation records. There are five measurements used in this study, they are response time, sales rate, sales amount, sales product quantity and product variant. We use descriptive statistics to analyze the two - months data. Furtherm ore, we employ Independent - Samples T T - test to compare the performance of both online salesmen based on the aforementioned measurements The result of the study using Independent - Sample T test showed that the performance of online salesman A is significant ly better than online salesman B in term of response time. As for the performance of online salesman A and online salesman B do not differ significantly in term of sales amount, sales rate, product quantity, and product variance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Statistik Deskriptif, Mobile Chatting, Independent-Samples T-Test
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Safrina Kharisma Imandani
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:36
Last Modified: 05 Mar 2019 03:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42284

Actions (login required)

View Item View Item