Perencanaan Struktur Gedung Apartemen "B" Surabaya Dengan Metode Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM)

Putra, Debby Hendika and Putratama, Muhammad Dzulfiqar Rizwanda (2017) Perencanaan Struktur Gedung Apartemen "B" Surabaya Dengan Metode Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030038_3114030062-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030038_3114030062-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penyusunan tugas akhir terapan ini menggunakan bangunan Gedung Apartemen Menara Rungkut yang terletak di kota Surabaya dengan luas bangunan sebesar 496 m2. Namun bangunan tersebut telah dimodifikasi dalam perencanaan ini sesuai dengan standar kompetensi dan batasan pada program studi diploma 3 Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, ITS. Modifikasi bangunan meliputi pengubahan denah lantai bangunan yang semula 15 lantai menjadi 6 lantai, sehingga nama bangunan menjadi Gedung Apartemen "B" Surabaya. Perencanaan bangunan gedung Apartemen "B" Surabaya ini menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM). Struktur bangunan terdiri dari struktur sekunder berupa pelat dan tangga yang dipikul oleh struktur primer yaitu sloof, balok dan kolom. Material utama penyusun struktur adalah beton bertulang. Untuk perhitungan struktur bangunan mengacu pada SNI 03-2847-2013: Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. Perhitungan pembebanan mengacu pada SNI 1726-2013. Sedangkan untuk perhitungan gempa mengacu pada SNI 1726-2012 dan Peta Hazzard Gempa Indonesia 2010. Metode untuk perhitungan gempa yang digunakan yaitu analisi statik ekuivalen. Dari penyusunan tugas akhir terapan ini diperoleh laporan hasil perhitungan struktur bangunan apartemen yang mampu menahan gaya-gaya yang dipikul bangunan termasuk gaya gempa dan juga gambar teknik detail elemen struktur yang terdiri dari dua portal yaitu satu portal memanjang dan satu portal melintang. Menghitung volume tulangan pada satu portal memanjang dan satu portal melintang untuk mengetahui volume tulangan per m3 beton.
============================================================
============================================================Preparation of this final application is applied using Menara Rungkut Apartment Building located in Surabaya with building area of 495 m2. However the building has been modified in this plan in accordance with the competency standarts and limits on the Diploma 3 of Civil Infrastructure Engineering, Vocational Faculty, ITS. Building modifications include changing the floor plan of the original building 15 floors to 6 floors, so the name of the building becomes Apartement "B" Surabaya.Planning of building Apartement "B" Surabaya is using Medium Moment Frame System (SRPMM). The structure of the building consist of a secondary stucture in the form of plates and ladders borne by the primary structure of the sloof, beams and columns. The main material of the structure is the reinforced concrete.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Struktur, SRPMM, Statik Ekuivalen
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
Divisions: Faculty of Vocational
Depositing User: putratama muhammad dzulfikar rizwanda
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:56
Last Modified: 05 Mar 2019 03:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42317

Actions (login required)

View Item View Item