Pengembangan Metode Cancelable Template pada Sidik Jari Menggunakan Convex Hull dan Proyeksi Garis

Rasyid, Burhanudin (2017) Pengembangan Metode Cancelable Template pada Sidik Jari Menggunakan Convex Hull dan Proyeksi Garis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100046-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5113100046-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Autentikasi menggunakan biometrik khususnya sidik jari sudah sering digunakan karena kemudahannya. Salah satu metode autentikasi sidik jari yaitu Cancelable Template yang merupakan metode dalam autentikasi sidik jari yang aman dan bersifat irreversible. Sehingga pengguna tidak perlu kuatir apabila template dicuri karena tidak bisa dikembalikan ke data sidik jari semula dan dapat membuat template dengan key yang baru lagi. Namun untuk mendapatkan keamanan yang kuat, waktu proses yang cepat, serta nilai akurasi yang tinggi sulit diperoleh.
Tugas akhir ini mengusulkan pengembangan dari metode Cancelable Template menggunakan convex hull pada proses seleksi titik dan proyeksi garis untuk menentukan representasi data. Seleksi titik yang tepat dengan area threshold tertentu mempercepat metode yang diusulkan. Selain itu penambahan jumlah sektor, penambahan tahapan transformasi, dan penambahan variable pada representasi data membuat metode ini aman.
Hasil uji coba terhadap dataset menghasilkan EER sebesar 5,69 % lebih akurat dari metode sebelumnya dengan selisih 3,69%. Kecepatan proses verifikasi menjadi 5 x lipat lebih cepat dibandingkan dengan tanpa adanya seleksi titik serta keamanan dengan 5,184 x 1016 kemungkinan dapat kembali ke data asal.
========================================================================================================================
Authentication using biometrics fingerprint in particular have often used because its convenience. One method of fingerprint authentication is Cancelable Template which is a method of fingerprint authentication with safe and irreversible. So users don’t have to worry if the template is stolen because it can not be restored to the original fingerprint data and can create a template with the new key again. But to get a strong security, fast processing time, as well as high accuracy values are difficult to otbtain.
This final project propose the development of cancelable template method using convex hull on the process of point selection

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cancelable Template, Convex Hull, Line Projection, Verification
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Burhanudin Rasyid .
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:58
Last Modified: 05 Mar 2019 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42326

Actions (login required)

View Item View Item