Evaluasi KInerja Simpang Bersinyal Pada Jalan Dharmahusada - Jalan Karang Menjangan - Jalan Prof. Dr. Mustopo, Surabaya

Nugroho, Aden Febrian and Rumbay, Edo Willem (2017) Evaluasi KInerja Simpang Bersinyal Pada Jalan Dharmahusada - Jalan Karang Menjangan - Jalan Prof. Dr. Mustopo, Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030029_3114030111-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030029_3114030111-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persimpangan Jalan Prof. Dr. Mustopo – Jalan Dharmahusada – Jalan Karang Menjangan yang berupa simpang bersinyal, merupakan salah satu persimpangan yang memiliki tingkat kemacetan cukup tinggi didaerah tersebut. Khususnya pada jam puncak (peak hour) pagi, siang, dan sore. Hal ini disebabkan karena kapasitas jalan yang ada, dan kondisi geometric jalan kurang memadai, sehingga membuat kondisi pada persimpangan menjadi tidak teratur dan kurang terkendali. Ditambah lagi dengan adanya penyempitan jalan di JL. Dharmahusada yang menyebabkan terjadinya penumpukan kendaraan. Maka dari itu, perlu dilakukan pengevaluasian kinerja simpang tersebut untuk mengetahui tingkat kelayakan dan pelayanan simpang yang ada sekarang dalam menampung penambahan volume lalu lintas akibat penyempitan jalan.

Analisa kinerja persimpangan ini menggunakan metode MKJI 1997 dengan bantuan program KAJI. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data-data primer yaitu dengan melakukan survey lapangan , geometric, volume masuk dan keluar, dan arus lalu lintas serta data sekunder dari BAPPEKO dan Dinas Perhubungan Surabaya.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan perbaikan waktu sinyal dan perubahan geometrik untuk 5 tahun kedepan, didapatkan tingkat pelayanan untuk puncak Pagi pada tahun 2018 – 2019 adalah LOS D dengan DI berkisar antara 35,22 – 38,78 det/smp, pada tahun 2020-2022 adalah LOS E dengan DI berkisar antara 42,91 – 49,76 det/smp. Tingkat pelayanan untuk puncak Siang pada tahun 2018-2020 adalah LOS D dengan DI berkisar antara 32,43 – 38,31 det/smp, pada tahun 2021-2022 adalah LOS E dengan DI berkisar antara 41,77 – 45,28 det/smp.Tingkat pelayanan untuk puncak Sore pada tahun 2018-2019 adalah LOS D dengan DI berkisar antara 35,47 – 39,42 det/smp, pada tahun 2020-2022 adalah LOS E dengan DI berkisar antara 43,64 – 50,38
========================================================================================================================Intersection of Prof. Dr. Mustopo Street - Dharmahusada Street - Karang Menjangan Street in the form of a signal intersection, is one of the intersections that have a high level of congestion in the area. Especially at peak hour morning, afternoon, and afternoon. This is due to the existing road capacity, and the road geometric condition is inadequate, thus making the conditions at the intersection to be irregular and less controllable. Coupled with the narrowing of roads in JL. Dharmahusada which causes the buildup of vehicles. Therefore, it is necessary to evaluate the performance of the intersection to determine the level of feasibility and service of the existing intersection in accommodating the addition of traffic volume due to road narrowing.

Analysis of this intersection performance using MKJI method 1997 with the help of KAJI program. This research begins with the collection of primary data that is by conducting field survey, geometric, incoming and outgoing volume, and traffic flow as well as secondary data from BAPPEKO and Surabaya Transportation Department.

Based on calculations with signal time improvement and geometric change for the next 5 years, the service level for peak Morning in 2018 - 2019 is LOS D with DI ranged from 35,22 - 38,78 det / smp, in year 2020-2022 is LOS E with DI ranges from 42.91 - 49.76 sec / smp. Level of service for peak Day in 2018-2020 is LOS D with DI ranged from 32,43 - 38,31 det / smp, in year 2021-2022 is LOS E with DI ranged from 41,77 - 45,28 det / smp . Level of service for peak Afternoon in 2018-2019 is LOS D with DI ranged from 35.47 - 39.42 det / smp, in 2020-2022 is LOS E with DI ranged from 43.64 - 50.38.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Calculation of Degree of Saturation, Signal Intersection, Dharmahusada Street - Prof. Dr. Mustopo Street - Karang Menjangan Street
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Aden Febrian Nugroho
Date Deposited: 18 Aug 2017 03:46
Last Modified: 05 Mar 2019 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42396

Actions (login required)

View Item View Item