Constantya, Qory (2017) Studi Pola Konsentrasi Kualitas Udara Ambien Kota Surabaya (Parameter: No, No2, O3). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3313100026-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan pembangunan fisik kota dan pusat industri, serta berkembangnya transportasi semakin meningkat. Kualitas udara mengalami perubahan karena terjadinya pencemaran udara. Pencemaran udara disebabkan adanya parameter konsentrasi udara yang melebihi baku mutu. O3 merupakan parameter yang perlu diperhatikan. Ozon adalah pelindung bumi dari sinar ultraviolet yang berlebih. Apabila lapisan ozon mengalami kerusakan maka menimbulkan beberapa kerusakan seperti kanker kulit untuk manusia dan peningkatan suhu bumi. Salah satu pencemar udara adalah NOx. NOx adalah senyawa yang terdiri dari NO dan NO2. NOx merupakan pencemar yang sumber utamanya dari pembakaran, baik dari pembakaran kendaraan maupun dari aktifitas industri. NOx juga dapat terbentuk saat suhu dan tekanan tinggi seperti pada mesin kendaraan bermotor maupun pada boiler. NOx juga merupakan penyumbang berbagai permasalahan lingkungan dan kesehatan. Oleh karena itu diperlukan suatu pengelolaan kualitas udara dengan cara memasang sistem pemantauan udara.
Studi ini menggunakan sistem pemantauan udara konsentrasi NOx menggunakan mikrokontroler ATMega 16 dengan sensor mq-135. Output dari sistem ini masih dalam satuan tegangan atau volt sedangkan satuan dari konsentrasi udara adalah ppm maka diakukan kalibrasi dahulu. Kalibrasi dilakukan pada stasiun pemantau udara (SUF) 1 (satu) di taman prestasi Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode co-location dan dari kalibrasi didapatkan persamaan matematis. Selain itu pada studi ini ditentukan pola harian (diurnal pattern) konsentrasi pencemar NO, NO2, O3 dari stasiun pemantau udara (SUF) 1 (satu),6 (enam) dan 7 (tujuh). Lalu dilakukan evaluasi konsentrasi pencemar NO2, NOx dan O3 terhadap baku mutu udara ambien. Pola konsentrasi dan evaluasi menggunakan grafik dimana sumbu X adalah waktu (menit) dan sumbu Y adalah konsentrasi NO, NO2 dan O3. Kemudian dilakukan studi tentang pengaruh meteorologi, hari libur, car free day, akhir pekan dan libur panjang terhadap konsentrasi pencemar. Penentuan korelasi menggunakan metode multilevel model.
Hasil kalibrasi alat pemantau udara dapat dikatakan buruk dengan nilai regresi 0,001. Alat ini belum bisa digunakan sebagai pengganti SUF saat ini. Alat ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk alat serupa selanjutnya. Pola harian konsentrasi NO dan NO2 memiliki 2 waktu puncak yaitu pada pagi dan sore hari. Pola harian O3 memiliki waktu puncak pada siang hari. Hasil evaluasi menunjukkan sumber pencemar SUF 1 dari arah barat sedangkan SUF 6 dan 7 dari arah timur. Meteorologi mempengaruhi konsentrasi NO, NO2 dan O3. Selain kondisi meteorologi, kepadatan lalu lintas juga mempengaruhi konsentrasi NO, NO2 dan O3. Hal ini dapat dilihat konsentrasi NO, NO2 dan O3 saat car freeday, akhir pekan maupun libur panjang.
========================================================================================================================The development of physical development of the city and industrial center, as well as the development of transportation is increasing. Air quality has a change due to the air pollution. Air pollution caused by air concentration exceeds the parameters of the standard. O3 is parameter that need to be considered. Ozone is a protective earth from excessive ultraviolet light. If the ozone layer is damaged then inflict some kind of damage to the human cause skin cancer and the increase in temperature of the earth. One is the air pollutant NOx. NOx is a compound consisting of NO and NO2. NOx is a pollutant that is the main source of combustion, both from burning vehicles and of industrial activity. NOx can be formed when high temperatures and pressures such as in motor vehicle engines or in boilers. NOx is also a contributor to various environmental problems and health. So we need a way to manage air quality by installing air monitoring system.
This study uses air monitoring system using the NOx concentration ATMega microcontroller 16 with sensor mq-135. The output of the system is still in units of volts while the voltage or units of air concentrations are ppm, waged first calibration. Calibration is performed at air monitoring stations (SUF) 1 (one) located in the Taman Prestasi Surabaya. The method used is the method of co-location and calibration obtained from mathematical equations. Additionally in this study determined daily patterns (diurnal pattern) pollutant concentrations of NO, NO2, O3 from air monitoring station (SUF) 1 (one), 6 (six) and 7 (seven). Then do the evaluation of pollutant concentrations of NO, NO2 and O3. The pattern of concentration and evaluation using a chart where the X axis is the time (minutes) and the Y axis is the concentration of NO, NO2 and O3. Then do the study on the influence of meteorology, holidays, car-free day, weekend and long holiday to the concentration of pollutants by using multilevel models.
The results of air monitoring equipment calibration can be said to be bad with the regression value of 0.001. Air monitoring system can not be used as a replacement for the current SUF. This air monitoring system can be used as an evaluation for the next similar tool. Daily pattern of NO and NO2 concentrations have 2 peak hours. That is in the morning and afternoon. Daily pattern of O3 has a peak time during the day. The evaluation results indicate pollution source for SUF 1 from west and SUF 6 and 7 from east. Meteorological affect concentrations of NO, NO2 and O3. In addition to meteorological conditions, traffic density also affects the concentration of NO, NO2 and O3. It can be seen concentrations of NO, NO2 and O3 on the car Freeday, as well as the long holiday weekend.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NOx, NO, O3, NO2, air monitoring station |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Qory Constantya |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 06:45 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 03:39 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/42458 |
Actions (login required)
View Item |