Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Pucang Anom Timur Dan Jalan Pucang Anom Kota Surabaya

Shobirin, Ahmad and Handika, Ryan (2017) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Pucang Anom Timur Dan Jalan Pucang Anom Kota Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030077-3114030153-Non-Degree.pdf]
Preview
Text
3114030077-3114030153-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Surabaya juga sebagai ibukota provinsi Jawa Timur,
dengan penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta
jiwa lebih.
Hal ini menjadikan kota Surabaya sebagai pusat bisn
is,
perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan In
donesia.
Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang ja
sa, industri,
dan perdagangan. Banyak perusahaan besar yang berka
ntor pusat
di Surabaya. Oleh sebab itu banyak sekali masyaraka
t yang
menjadikan beberapa wilayahnya menjadi pusat kerama
ian secara
tidak sengaja , salah satunya adalah yang terjadi p
ada simpang
Pucang Anom yang akan kami bahas dan kami ambil seb
agai bahan
dari tugas akhir terapan kami kali ini.
Semua ini di sebabkan oleh karena banyaknya dan tin
gginya
aktifitas yang terjadi pada simpang Pucang Anom ter
sebut ,
contohnya seperti adanya sebuah sekolah TK SD SMP ya
ng ada di
sisi timur simpang , adanya pasar sebagai salah sat
u pusat
perdagangan , belum lagi banyak toko toko yang berd
iri di jalan
besar yaitu jalan Pucang Anom Timur itu sendiri yan
g banyak
sekali terdapat toko toko besar semisal otomotif ,
busana , makanan dan lain sebagainya yang membuat masyarakat sering
berkunjung
kesana dan membebani simpang itu sensiri sebagai ak
ibatnya .
Metode yang kami gunakan untuk menghtiung dan menyel
esaikan
ma
salah yang terjadi pada simpang ini adalah metode y
ang sudah
di gunakan pada buku transportasi yaitu MKJI . Dari
sini kami
memulai dengan mengambil data primer yang ada di la
pangan
dengan kondisi eksisting saat ini yaitu pada tahun
2017 yang akan
kami rencanakan perbaikannya pada 5 tahun kedepan y
aitu 2018
sampai dengan tahun 2022 . Kami juga mengambil data
sekunder
dengan meminta data pertumbuhan kendaraan selama li
ma tahun
terakhir pada dinas perhubungan kota Surabaya .
Dari hasil perhitungan yang sudah di lakukan berda
sarkan
data yang ada kami memperoleh bahwa LOS pada simpan
g Pucang
Anom setelah di lakukan perbaikan dari berbagai sis
i mendapatkan
hasil LOS C pada tahun 2018 sampai dengan tahun 202
1 ini cukup
baik sebab pada keadaan eksisting tahun 2017 kami m
endapati LOS nya adalah F sedangkan pada tahun 2022 turun la
gi LOS nya menjadi D.

=======================================================================================

Surabaya is one of the big cities in Indonesia. Su
rabaya
is also the capital of East Java province, with its
metropolitan
population of more than 3 million. This makes the c
ity of Surabaya
as a business center, trade, industry, and educatio
n in the region of
Indonesia. Most of the population is engaged in serv
ices, industry
and trade. Many large companies are headquartered in
Surabaya.
Therefore a lot of people who make some areas into
the center of
the crowd by accident, one of which is what happene
d at th
e
intersection of Pucang Anom that we will discuss an
d we take as
material from our final assignment this time.
All this is caused by the number and high activity
that
occurred at the intersection of Pucang Anom, such a
s the existence
of an elementary school elementary school junior hi
gh school on
the eastern side of the intersection, the market as
one of the trading
center, not to mention many shops that stand on the
street Great
that is Pucang Anom Timur street itself which there
are many store
big stores such as automotive, fashion, food and ot
hers that make people often visit there and burden the intersection sensiri as a result.
The method we use to solve and solve the problems
that occur at this intersection is the method already in use in the transport book that is MKJI. From here we start by taking the primary data that exist in the field with the existing condition now that is in 2017 that we will plan the improvement in the next 5 years, 2018 until 2022. We also take secondary data by requesting data of growth of vehicles for the last five years at the transportation office of Surabaya city.
From the results of calculations that have been done based on existing data we get that LOS at Pumong Anom intersection after the repair from various sides to get the results of LOS C in 2018 until the year 2021 is quite good because in the existing state in 2017 we found its LOS Is F while in year 2022 down again its LOS become D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang, Ruas, Derajat kejenuhan, LOS,MKJI, Sections, Segment, Degre of Saturation, Level of Service
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Ahmad Shobirin .
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:48
Last Modified: 23 Aug 2017 01:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42467

Actions (login required)

View Item View Item