Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Pucang Anom Timur Dan Jalan Pucang Anom Kota Surabaya

Shobirin, Ahmad and Handika, Ryan (2017) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Pucang Anom Timur Dan Jalan Pucang Anom Kota Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3114030077-3114030153-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Surabaya juga sebagai ibukota provinsi Jawa Timur, dengan penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa lebih. Hal ini menjadikan kota Surabaya sebagai pusat bisn is, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan In donesia. Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang ja sa, industri, dan perdagangan. Banyak perusahaan besar yang berka ntor pusat di Surabaya. Oleh sebab itu banyak sekali masyaraka t yang menjadikan beberapa wilayahnya menjadi pusat kerama ian secara tidak sengaja , salah satunya adalah yang terjadi p ada simpang Pucang Anom yang akan kami bahas dan kami ambil seb agai bahan dari tugas akhir terapan kami kali ini. Semua ini di sebabkan oleh karena banyaknya dan tin gginya aktifitas yang terjadi pada simpang Pucang Anom ter sebut , contohnya seperti adanya sebuah sekolah TK SD SMP ya ng ada di sisi timur simpang , adanya pasar sebagai salah sat u pusat perdagangan , belum lagi banyak toko toko yang berd iri di jalan besar yaitu jalan Pucang Anom Timur itu sendiri yan g banyak sekali terdapat toko toko besar semisal otomotif , busana , makanan dan lain sebagainya yang membuat masyarakat sering berkunjung kesana dan membebani simpang itu sensiri sebagai ak ibatnya . Metode yang kami gunakan untuk menghtiung dan menyel esaikan ma salah yang terjadi pada simpang ini adalah metode y ang sudah di gunakan pada buku transportasi yaitu MKJI . Dari sini kami memulai dengan mengambil data primer yang ada di la pangan dengan kondisi eksisting saat ini yaitu pada tahun 2017 yang akan kami rencanakan perbaikannya pada 5 tahun kedepan y aitu 2018 sampai dengan tahun 2022 . Kami juga mengambil data sekunder dengan meminta data pertumbuhan kendaraan selama li ma tahun terakhir pada dinas perhubungan kota Surabaya . Dari hasil perhitungan yang sudah di lakukan berda sarkan data yang ada kami memperoleh bahwa LOS pada simpan g Pucang Anom setelah di lakukan perbaikan dari berbagai sis i mendapatkan hasil LOS C pada tahun 2018 sampai dengan tahun 202 1 ini cukup baik sebab pada keadaan eksisting tahun 2017 kami m endapati LOS nya adalah F sedangkan pada tahun 2022 turun la gi LOS nya menjadi D. ======================================================================================= Surabaya is one of the big cities in Indonesia. Su rabaya is also the capital of East Java province, with its metropolitan population of more than 3 million. This makes the c ity of Surabaya as a business center, trade, industry, and educatio n in the region of Indonesia. Most of the population is engaged in serv ices, industry and trade. Many large companies are headquartered in Surabaya. Therefore a lot of people who make some areas into the center of the crowd by accident, one of which is what happene d at th e intersection of Pucang Anom that we will discuss an d we take as material from our final assignment this time. All this is caused by the number and high activity that occurred at the intersection of Pucang Anom, such a s the existence of an elementary school elementary school junior hi gh school on the eastern side of the intersection, the market as one of the trading center, not to mention many shops that stand on the street Great that is Pucang Anom Timur street itself which there are many store big stores such as automotive, fashion, food and ot hers that make people often visit there and burden the intersection sensiri as a result. The method we use to solve and solve the problems that occur at this intersection is the method already in use in the transport book that is MKJI. From here we start by taking the primary data that exist in the field with the existing condition now that is in 2017 that we will plan the improvement in the next 5 years, 2018 until 2022. We also take secondary data by requesting data of growth of vehicles for the last five years at the transportation office of Surabaya city. From the results of calculations that have been done based on existing data we get that LOS at Pumong Anom intersection after the repair from various sides to get the results of LOS C in 2018 until the year 2021 is quite good because in the existing state in 2017 we found its LOS Is F while in year 2022 down again its LOS become D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang, Ruas, Derajat kejenuhan, LOS,MKJI, Sections, Segment, Degre of Saturation, Level of Service
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: Ahmad Shobirin .
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:48
Last Modified: 23 Aug 2017 01:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42467

Actions (login required)

View Item View Item