Robust Active Fault Tolerant Control Dengan Permasalahan Incomplete Information Pada Suspensi Semi Aktif Sistem Mobil Beroda Empat

Achmadiah, Mas Nurul (2017) Robust Active Fault Tolerant Control Dengan Permasalahan Incomplete Information Pada Suspensi Semi Aktif Sistem Mobil Beroda Empat. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2214202202-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dibidang otomotif sangatlah pesat. Penelitian mengenai road holding dan road handling pada kendaraan masih berlanjut untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Suspensi pada kendaraan memegang peranan yang sangat penting dalam memperoleh kenyamanan. Dari penelitian yang telah dilakukan kenyamanan berkendara dan pengemudian pada suspensi semi aktif lebih baik jika dibandingkan dengan suspensi pasif, dan lebih terjangkau jika dibandingkan suspensi aktif. Penggunaan suspensi semi aktif yang dipasang pada keempat roda sebuah sistem kendaraan beroda empat tidak luput dari adanya kesalahan yang terjadi pada masing-masing sensor. Untuk mengatasi kesalahan pada sistem, maka perlu adanya sebuah metode unuk mengkompensasi kesalahan pada sistem sehingga sistem dapat memiliki performa yang baik. Metode ini disebut Fault Tolerant Control (FTC). Beberapa penelitian tentang FTC pada sistem kendaraan yang menggunakan suspensi semi aktif telah dilakukan, namun pembahasan tentang incomplete information tidak di kaji lebih lanjut. Sedangkan dalam beberapa situasi, terdapat beberapa data atau input kontrol hilang selama pengolahan data. Tesis ini membahas mengenai FTC dengan permasalahan incomplete information yang diaplikasikan pada suspensi semi aktif sistem mobil beroda empat. FTC yang digunakan yaitu tipe Active Fault Tolerant Control (AFTC). AFTC digunakan agar parameter dari kontroler dikonfigurasi ulang sesuai dengan informasi kesalahan yang didapatkan secara online guna meningkatkan stabilitas dan performa keseluruhan sistem saat terjadi kesalahan pada sistem. Dari empat simulasi yang dilakukan, penggunaan metode ini mampu mengurangi magnitude percepatan sistem akibat fault rata – rata sebesar 43%. Kontribusi dari penelitian ini adalah penggunaan AFTC terbukti dapat menyelesaikan permasalahan Incomplete Information dengan menggunakan metode Robust H∞ dengan pendekatan Linier Matrix Inequality (LMI). ================================================================= The development of technology in the field of automotive is so rapid. Research on road holding and road handling in vehicles aim to improve the comfort and safety of driving. Suspension on the vehicle is very important role in obtaining comfort and safety of driving. From existing literature, comfort and safety of driving in semi-active suspension is better than passive suspension, and more affordable then active suspension. Semi active suspension in the vehicle system is not spared from the errors that occur in each sensor. To compensate error on the system, need a method to compensate errors on the system so the system can have good performance. This method is called Fault Tolerant Control (FTC). From existing literature, there are many literature about FTC on vehicle systems using semi active suspension, but discussion of incomplete information is not studied further. While in some situations, there are some data or input controls lost during data processing. This thesis investigate about FTC with incomplete information problems applied to the semi-active suspension of the four-wheeled car system. This thesis use Active Fault Tolerant Control (AFTC). AFTC is used to allow the parameters of the controller to be reconfigured in accordance error information obtained online to improve the stability and overall performance of the system when an error occurs in the system. From the simuations performed, the method can reduce the magnitude of system acceleration average of 43%. The contribution of this research is AFTC proven to solve the problem of Incomplete Information by using Robust H∞ method with Linear Matrix Inequality (LMI) approach.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 629.243 Ach r
Uncontrolled Keywords: Suspensi semi aktif, Linier Matrix Inequality, saturasi sensor, Active Fault Tolerant Control, Incomplete Information.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mas Nurul Achmadiah
Date Deposited: 06 Nov 2017 08:07
Last Modified: 05 Mar 2019 04:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42559

Actions (login required)

View Item View Item