Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kantor Telekomunikasi Tbk. Surabaya

Arrafi, Fathurrahman (2017) Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kantor Telekomunikasi Tbk. Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113041056_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113041056_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rencana pembangunan kantor PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang berdiri pada tanah seluas ± 5637 m2 dengan total luas bangunan ± 17.856 m2 diperkirakan akan menimbulkan bangkitan dan tarikan yang cukup besar sehingga berdampak pada penurunan kinerja ruas jalan dan simpang di sekitar kawasan manyar kertoadi 1 Surabaya tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan analisis dampak lalu lintas (andalalin) pada pembangunan kantor Telkom agar dampak penurunan dari kinerja jaringan jalan dan simpang dapat diminimalisir, serta dapat memberikan solusi pemecahan masalah lalu lintas yang terjadi akibat pembangunan kantor Telkom tersebut.
Tahapan analisa dampak lalu lintas meliputi peramalan tarikan dan bangkitan perjalanan setelah adanya kantor, yang mana didapat dari perbandingan 3 kantor Telkom di Surabaya, yakni Kantor Plasa Telkom Manyar Kertoadi, Kantor Plasa Telkom Kendangsari, dan Kantor Telkom regional V Ketintang Surabaya. Kemudian dilakukan analisa kinerja lalu lintas ruas dan simpang kondisi eksisting, menganalisa peramalan lalu lintas baik tanpa maupun dengan pembangunan kawasan, menganalisa kebutuhan dan ketersediaan parkir, serta menyusun alternatif rekomendasi penanganan dampak lalu lintas akibat adanya pembangunan kantor tekom tersebut. Analisis perhitungan kinerja ruas jalan dan persimpangan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997).
Hasil dari analisa menunjukkan bahwa kondisi eksisting pada Simpang bersinyal Jl. Arief Rahman Hakim – Jl. Dr. Ir. Soekarno sudah memiliki tingkat pelayanan yang buruk, yakni LOS F dengan tundaan rata-rata terburuk 192,82 det/smp pada jam puncak sore. Sedangkan simpang bersinyal Simpang bersinyal Jl. Kertajaya Indah - Jl. Raya Kertajaya Indah - Jl. Dr. Ir. H. Soekarno memiliki tundaan rata-rata terburuk pada puncak sore sebesar 182,09 det/smp dengan LOS F. kemudian dilakukan perbaikan pada simpang tersebut dengan beberapa kombinasi alternatif yaitu pelebaran geometrik jalan sebesar 7m menjadi 10m pada simpang Jl. Arief Rahman Hakim – Jl. Dr. Ir. Soekarno serta pengaturan ulang waktu hijau. Sedangkan pada simpang Jl. Kertajaya Indah - Jl. Raya Kertajaya Indah - Jl. Dr. Ir. H. Soekarno dilakukan pengurangan fase dari empat fase menjadi tiga fase sehingga didapatkan tingkat pelayanan yang lebih baik dari kondisi sebelum perbaikan. Untuk tingkat pelayanan simpang Jl. Arief Rahman Hakim – Jl. Dr. Ir. Soekarno pada kondisi eksisting setelah perbaikan puncak sore menjadi E dengan tundaan rata-rata sebesar 52,78 det/smp. Untuk tingkat pelayanan simpang Jl. Kertajaya Indah - Jl. Raya Kertajaya Indah - Jl. Dr. Ir. H. Soekarno pada kondisi eksisting setelah perbaikan puncak sore menjadi E dengan tundaan rata-rata sebesar 41,15 det/smp.

===============================================================================================
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk which stands on a land area of ± 5637 m2 with a total building area of ± 17,856 m2 is expected to cause the trip generation and trip attraction large enough to affect the decrease in performance of road and intersection around the area of manyar kertoadi 1 Surabaya. Therefore, it is necessary to analyze traffic impact (andalalin) on Telkom office development in order to reduce the impact of road and intersection network performance and to solve the traffic problem that caused by Telkom office development.
Stages of traffic impact analysis include trip generation and trip attraction forecasting after the office, which is obtained from a comparison of 3 Telkom offices in Surabaya, the Plasa Office Telkom Manyar Kertoadi, Telkom Kendangsari Plasa Office, and Office Telkom regional V Ketintang Surabaya. Then analyzed the traffic performance of the segment and the intersection of the existing condition, analyzing the traffic forecasting either without or with the development of the area, analyzing the needs and availability of parking, as well as arranging alternative recommendations for handling the impact of traffic caused by the development of the office. Analysis of road and intersection performance calculation refers to the Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997).
The result of the analysis shows that the existing condition at intersection signaled Jl. Arief Rahman Hakim - Jl. Dr. Ir. Soekarno already had a poor service level, the LOS F with the worst average delay of 192.82 sec / smp at the peak of the evening. While the intersection signaled Simpang Jl. Kertajaya Indah - Jl. Raya Kertajaya Indah - Jl. Dr. Ir. H. Soekarno had the worst average delay at the peak of the evening of 182.09 det / smp with LOS F. then performed an improvement on the intersection with some alternative combination of 7m road geometric broadening at intersection Jl. Arief Rahman Hakim - Jl. Dr. Ir. Soekarno as well as green timing. While at intersection Jl. Kertajaya Indah - Jl. Raya Kertajaya Indah - Jl. Dr. Ir. H. Soekarno performed phase reduction from four phases to three phases so as to obtain a better service level from the condition before the improvement. For level of service intersection Jl. Arief Rahman Hakim - Jl. Dr. Ir. Soekarno on the existing condition after the peak of the evening improvement to E with average delay of 52,78 det / smp. For level of service intersection Jl. Kertajaya Indah - Jl. Raya Kertajaya Indah - Jl. Dr. Ir. H. Soekarno on the existing condition after the peak of the evening improvement to E with an average delay of 41.15 det / smp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 388.413 12 Arr a-1
Uncontrolled Keywords: Andalalin, trip generation, trip attraction, alternate traffic improvement
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Fathurrahman Arrafi
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:29
Last Modified: 05 Mar 2019 03:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42565

Actions (login required)

View Item View Item