Pengembangan Metode Quad Smoothness Reduced Difference Expansion Untuk Steganography Pada Audio

Nugroho, Danang Adi (2017) Pengembangan Metode Quad Smoothness Reduced Difference Expansion Untuk Steganography Pada Audio. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100151-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5113100151-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Steganography adalah salah satu bagian dari teknik penyembunyian data. Tujuan utama dari steganography adalah untuk menjaga orang lain agar tidak mengetahui informasi rahasia yang disembunyikan. Banyak penelitian yang telah dilakukan dalam bidang ini, khususnya steganography dengan media citra digital. Pada penelitian ini akan dilakukan penyembunyian data pada audio. Berkas audio yang akan digunakan adalah berkas audio dengan format WAV. Berkas audio tersebut memiliki panjang sampel 8-bit dan merupakan berkas audio mono atau single channel. Data yang disembunyikan pada audio merupakan berkas pesan tersembunyi berbentuk teks.
Metode-metode yang diimplementasikan untuk penyembunyian data pada audio adalah general reduced difference expansion, quad-based general rde, block overlap general rde, dan quad smoothness general rde. Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan penyembunyian data diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Python versi 3.6.0 dan Anaconda. Pengujian dilakukan pada empat buah berkas audio berbeda. Berkas audio yang digunakan merupakan potongan dari sebuah lagu dengan panjang 94 detik. Uji coba dilakukan dengan menyisipkan pesan tersembunyi berupa teks dengan ukuran-ukuran yang berbeda.
Dari hasil analisa uji coba didapatkan bahwa pemilihan coveraudio berpengaruh pada nilai PSNR stegoaudio. Panjang coveraudio tidak berpengaruh pada kapasitas penyisipan pesan tersembunyi. GRDE dan Quad-RDE memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dari metode lainnya. Metode RDE adalah metode yang memiliki hasil PSNR yang lebih besar dari metode lainnya.
=================================================================
Steganography is a method of data hiding techniques. The main purpose of steganography is to keep others from knowing the secret data that is hidden. Much research has been done in this field, especially steganography with digital image. In this research, a data will be concealed within an audio. The audio which used in this research is an audio with WAV format. This audio has 8-bit sample length and is a mono audio or a single channel audio. The data hidden within the audio is a text file.
The methods implemented for data hiding are general reduced difference expansion, quad-based general rde, block overlap general rde, and quad smoothness general rde. The software used to perform the data hiding is implemented using Python programming language version 3.6.0 and Anaconda. The test is performed on four different audio files. The audio file which is used is a snippet of a song. The snippet is 94 seconds long. The test is done by inserting a hidden message with different sizes.
The experiment result showed that the selection of the coveraudio has an effect on the stegoaudios PSNR value. The coveraudio length has no effect on the hidden message insertion capacity. GRDE and Quad-RDE have greater hiding capacity than the other methods. The RDE has higher PSNR results than the other methods.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Steganography, difference expansion, reduced difference expansion, generalized difference expansion
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Danang Adi Nugroho
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:51
Last Modified: 05 Mar 2019 04:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42567

Actions (login required)

View Item View Item