Rancang Bangun Simulasi Menyalip Mobil (Overtaking Car) Menggunakan Steering Wheel dan Oculus Rift

Putra, Fajar Ade (2017) Rancang Bangun Simulasi Menyalip Mobil (Overtaking Car) Menggunakan Steering Wheel dan Oculus Rift. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100092-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5113100092-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini kendaraan bermotor sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan kegiatan lainya. Di Indonesia pertumbuhan perkembangan kendaraan bermotor sangat pesat, bahkan mencapai 10 persen pertahun. Dengan tingginya nilai perkembangan kendaraan mobil ini maka angka kecelakaan juga semakin meningkat. Penyebab kecelakaan itu, tidak hanya dari kesalahan mesin saja tapi juga dari kesalahan pengendara mobil sendiri. Salah satu penyebab kesalahan pengendara itu adalah karena kurang cakapnya seseorang dalam mengemudikan mobil untuk menyalip mobil.
Bagi para pengendara mobil seharusnya diberi informasi dan pembelajaran lebih agar mengetahui cara – cara dan tindakan yang harus dilakukan ketika mengalami kondisi – kodisi tertentu dalam berkendara. Oleh karena itu, salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan adanya aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran sekaligus bisa sebagai simulasi megendarai mobil. Simulasi menyalip mobil dengan memanfaatkan toknologi Virtual Reality bisa menjadi salah satu solusi yang efektif untuk membiasakan para pengendara dalam menyalip mobil.
Pada tugas akhir ini uji coba dilakukan dengan metode kotak hitam dan kuisioner dari pengguna. Kuisioner ini menghasilkan nilai rata – rata 3.88 yang artinya aplikasi ini sudah lebih dari cukup dan sesuai dengan keadaan aslinya. Dengan pengembangan lebih lanjut diharapkan aplikasi ini dapat membantu masyarakat untuk terbiasa dalam mengendarai mobil khususnya dalam kondisi menyalip mobil.
========================================================================================================================
Currently, motor vehicles are very widely used in everyday life and other activities. In Indonesia the growth of motor vehicle growth is very rapid, even reaching 10 percent per year. With the high value of the development of this motor vehicle then the number of accidents is also increasing. The cause of the accident, not only from engine errors but also from motorist's own fault. One of the drivers' mistakes is the lack of driving skills to overtake a car.
For the driver of the car should be given more information and learn to know the ways and actions to be done when experiencing certain conditions in driving. Therefore, one of the solutions offered is the application that can be used for learning and simulation can drive a car. Simulating overtaking a car by utilizing Virtual Reality technology can be one effective solution to familiarize yourself with a motorist in overtaking a car.
In this final project experiment with black box method and questionnaire from user. This questionnaire yields an average value of 3.88 which means the application is more than adequate and in accordance with its original state. With further development is expected this application can help people to get used to driving a car, especially in overtaking the condition of the car.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Simulasi, Menyalip,Virtual Reality, Kotak Hitam, Kuisioner
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA269 Game theory
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fajar Ade Putra
Date Deposited: 25 Aug 2017 06:41
Last Modified: 05 Mar 2019 04:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42771

Actions (login required)

View Item View Item