Evaluasi Dan Analisa Resiko Terhadap Biaya, Waktu Dan Mutu Konstruksi JLS Kabupaten Lumajang-Kabupaten Jember

Susilo Saputro, Kardian (2017) Evaluasi Dan Analisa Resiko Terhadap Biaya, Waktu Dan Mutu Konstruksi JLS Kabupaten Lumajang-Kabupaten Jember. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114203004-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114203004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Risiko merupakan suatu kejadian atau kondisi yang tidak pasti, yang dapat berdampak pada tujuan proyek yang mencakup ruang lingkup, jadwal, biaya dan kualitas. Pada tahap konstruksi jalan, hal-hal yang sering terjadi adalah keterlambatan progres pekerjaan, kecelakaan kerja, adanya perubahan landscape di sekitar proyek, serta hal umum lain sebagai risiko pada proyek konstruksi jalan.
Di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember telah dibangun Jalan Lintas Selatan (JLS) sebagai bagian dari proyek jalan regional. Pada pelaksanaan konstruksi terdahulu masih terjadi beberapa kejadian yang berdampak negatif bagi proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kejadian pada paket jalan yang telah dikerjakan dan menjadikan data tersebut sebagai lesson learn analisis risiko pembangunan lanjutan kedepan. Proses identifikasi risiko dilakukan dengan survey lokasi dan studi literatur serta wawancara kepada responden. Survey utama dilakukan untuk mendapatkan nilai probabilitas dan nilai dampak risiko kedepan. Penggunaan Matriks Probabilitas dan Dampak juga digunakan untuk mendapatkan level risiko. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan wawancara yang ditujukan kepada pihak pelaksana dan Bina Marga. Objek penelitian difokuskan pada fase konstruksi pekerjaan jalan.
Dari hasil analisis, didapatkan delapan risiko tertinggi yaitu kenaikan harga material, hujan deras, inflasi, akses yang sulit, kemungkinan change order, pekerjaan ulang, pekerjaan perkerasan jalan terganggu dan kecelakaan kerja. Langkah mitigasi yang dapat dilakukan adalah dilakukannya suatu kontrak payung dalam menjamin stok dan harga material, pembuatan drainase yang diprioritaskan, dilakukannya keprasan dan pembuatan jalur penghubung untuk mengatasi medan yang sulit. Koordinasi yang intens antar pekerja, mandor dan pengawas serta pengecekan rutin progres dan kualitas konstruksi jalan perlu dilakukan untuk menghindari rework. Pengawasan terhadap kualitas material, pembuatan dinding penahan juga perlu dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan atau gangguan terhadap pekerjaan perkerasan jalan.
==========================================================================================================
Risk is an event or uncertain condition, that could impact to the project plan which encompasses scope of project, schedule, cost and quality. In the construction step of the road, the cases which often occured are the late of work progress, work accident, any changes of the landscape around the project and other general cases as a risk of road construction project.
In Lumajang and Jember, it has been built Southern Cross Road (JLS) as part of the regional road project. On the implementation of the previous construction, there were still some events which gave a negative impact to the project. The purpose of this study is to evaluate the incidence of the packet of the road that has been done and to make the data as the lesson learned for the next development of risk analysis. Risk identification process is carried out by the site survey, literature studies and interviewing respondens. The main survey is conducted to obtain the value of the probability and value of future risk impact. The use of Probability and Impact Matrix were aimed to obtain the level of risk. This study uses survey with interviews to the contractors and Bina Marga Officers. The object of this research is focused at construction phase of the road work.
Based on the analysis, it was obtained eight highest risk, such as material price increases, heavy rain, inflation, difficult access, the possibility of change orders, rework, distrupted of road pavement and work accident. Risk responses were proposed by applying and agreement to guarantee the stock and price of materials, prioritized drainage, cutt and fill and constructing bridge to solve some difficult area. An intense coordination among workers, foremen and supervisors as well as routine checks the progress and quality of the road construction were needed to avoid rework. Supervision of quality of materials, manufacturing of retaining walls were also needed to reduce the possibility of damage or distruption to road pavement work.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 658.155 2 Kar e-1
Uncontrolled Keywords: evaluasi kejadian, analisis risiko, respon risiko, Jalan Lintas Selatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - KARDIAN SUSILO SAPUTRO
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:13
Last Modified: 07 Jun 2021 05:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42818

Actions (login required)

View Item View Item