Realitas Virtual untuk Belajar Kosa Kata Bahasa Asing Menggunakan Teknologi Google Cardboard

Pramintya, Devira Wiena (2017) Realitas Virtual untuk Belajar Kosa Kata Bahasa Asing Menggunakan Teknologi Google Cardboard. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5113100045-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penguasaan bahasa asing yang baik merupakan salah satu akses untuk meraih keberhasilan dalam berbagai bidang. Pada abad ke-21 ini, sebanyak 23 bahasa menjadi bahasa ibu sebagian besar penduduk dunia. Bahasa-bahasa itu beberapa di antaranya adalah Inggris, Mandarin, Spanyol, Portugis, Perancis, Rusia, Bahasa Indonesia, Hindi, Arab, Italia, Bahasa Jawa, Jerman, Korea, dan Jepang, dimana Bahasa Mandarin menjadi bahasa urutan pertama yang banyak digunakan. Kemudian Bahasa Spanyol dan Bahasa Inggris menjadi urutan kedua dan ketiga. Pada pengajaran bahasa biasanya terdapat empat bidang keterampilan yang dijadikan acuan kurikulum yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Saat ini teknologi informasi dan komunikasi hadir dalam semua aspek kehidupan, sehingga seharusnya tidak mengabaikan sumber daya baru multimedia. Realitas virtual dapat menjadi solusi yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut. Dengan dibangunnya aplikasi Realitas Virtual untuk Belajar Kosa Kata Bahasa Asing Menggunakan Google Cardboard, pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer dan dengan tambahan alat Google Cardboard pengguna semakin merasakan seperti sedang mencari objek-objek tersebut pada dunia nyata. Selain itu, pengguna juga mendapat pengetahuan kosa kata baru dari nama-nama objek-objek tersebut dalam berbagai bahasa yang diberikan oleh aplikasi yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Jepang. Berdasarkan pengujian aplikasi menggunakan hasil kuesioner responden dapat diketahui bahwa penilaian kenyamanan antarmuka oleh penguji mencapai 58,3%, kemiripan objek mencapai 79,1%, kegunaan informasi mencapai 91,6%, performa sistem mencapai nilai 75% dan perasaan immersive mencapai nilai 91,6%. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu untuk belajar mengenal kosa kata benda dalam berbagai bahasa asing. ======================================================================================================================== Good foreign language mastery is one of access to success in many fields. In this 21st century, as many as 23 languages became the mother tongue of most of the world's population. Those languages are English, Mandarin, Spanish, Portuguese, French, Russian, Indonesian, Hindi, Arabic, Italian, Javanese, German, Korean and Japanese, where Mandarin is the first widely used language. Then Spanish and English became second and third. Language teaching usually has four skill areas that are used as curricula for listening, reading, speaking, and writing. Today, information and communication technologies present in all aspects of life should not ignore new multimedia resources. Virtual reality can be the solution to deal with the problem. With the construction of Virtual Reality applications to Learn Foreign Language Vocabularies Using Google Cardboard, users can interact with a computer-simulated environment and with the addition of Google Cardboard tools the user increasingly feels like he is looking for these objects in the real world. In addition, users also get new vocabulary knowledge of the names of these objects in various languages provided by the application of English, Arabic, and Japanese. Testing the application based on the results of questionnaires respondents can be known the assessment of interface comfort by the testers reached 58.3%, the similarity of objects reached 79.1%, the usefulness of information reached 91.6%, system performance reached 75% and immersive feeling reached 91.6% . With the development of this application, is expected to help to learn to know the vocabulary in various foreign languages.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa, cardboard, realitas virtual
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Devira Wiena Pramintya
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:30
Last Modified: 05 Mar 2019 04:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42823

Actions (login required)

View Item View Item