Romadhoni, Greggy Praisvito (2017) Simulasi Dan Analisis Tegangan Pengerolan Rim Velg Truk Dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2713100099-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Velg atau rim adalah tempat melekatnya ban pada kendaraan bermotor yang terbuat dari logam. Pada proses pembuatan atau manufaktur velg atau rim dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu dengan casting atau secara pengerolan dan khususnya pada proses rolling akan menimbulkan tegangan pada velg, dan besar kecilnya tegangan dan bagaimana persebarannya salah satunya dipengaruhi oleh material atau bahan yang digunakan sehingga akan berpengaruh pada performa velg nantinya.
Dalam hal pemilihan material dapat menjadi perhatian besar bagi para produsen velg untuk memproduksi velg yang memiliki distribusi tegangan yang baik dikarenakan setiap material mempunyai sifat mekanik yang berbeda dan akan berpengaruh besar pada bagian rim selama proses pengerolan, sehingga dapat diperoleh velg dengan kualitas yang baik dan mampu bersaing di pasar internasional. Pada penelitian tugas akhir ini menggunakan velg truk yang di produksi oleh PT. Autokorindo Pratama Indonesia
Pada penelitian ini bertujuan menganalisis stress atau tegangan yang terjadi pada proses pengerolan velg dan pengaruh tegangan saat proses pengerolan velg pada material yang berbeda menggunakan metode elemen hingga. Dari hasil simulasi ditemukan adanya konsentrasi tegangan serta didapatkan tegangan maksimum yang terjadi saat proses pengerolan velg sebesar 544 Mpa dan semakin keras sifat mekanik suatu material akan berpengaruh pada semakin besarnya tegangan yang terjadi pada proses pengerollan sehingga semakin tinggi kemungkinan terjadinya crack.
=================================================================
Velg or rim is a place of tires attached to motorized vehicles made of metal. In the manufacturing process or manufacturing wheel or rim can be divided into two types, namely by casting or rolling and especially on the rolling process will cause stress on the wheels, and the value of the stress and how the spread one of which is influenced by the material used so that it will affect performance of the wheels later.
In the case of material selection it can be of great concern for wheel producers to produce alloy wheels with good stress distribution because each material has different mechanical properties and will have a big effect on the rim during the rolling process, so it can be obtained wheels with good quality and capable competing in the international market. In this final project of research using truck wheels which are produced by PT. Autokorindo Pratama Indonesia
In this study aims to analyze the stress that occurs in the rolling process velg and the effect of stress when rolling wheels on different materials using finite element method. From the simulation results found the stress concentration and obtained the maximum stress that occurs when the rolling wheel 544 Mpa and the harder the mechanical properties of a material will affect the greater the stress that occurs in the rolling process so that the higher the possibility of crack.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Material, Rim, Velg Truk, Stress, Metal Forming, Rolling Process, Metode Elemen Hingga, Wheels Truck, Finite Element Method |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA440 Concrete--Cracking. T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Greggy Praisvito Romadhoni |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 07:41 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 06:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/42830 |
Actions (login required)
View Item |