Rizkia, Almira Mili (2017) Model Pemilihan Rute Antara Jalan Tol dan Jalan Nasional Pasuruan-Probolinggo Menggunakan Model Kurva Diversi. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3113041076-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
Abstract
Kota Probolinggo terletak di sebelah timur dari Kota Pasuruan. Saat ini, antara Pasuruan dan Probolinggo dihubungkan oleh jalan nasional yang lebih dikenal dengan nama Jalur Pantura (Pantai Utara) sepanjang 40,03 km. Semakin hari perjalanan yang melalui jalur Pantura semakin meningkat, dikarenakan kapasitas jalan yang sempit, volume lalu lintas tinggi terutama sepeda motor dan kendaraan berat, akibatnya terjadi kemacetan dan banyaknya kecelakaan karena mix traffic. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengurangi kemacetan adalah dengan melakukan pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo. Dengan dibangunnya jalan tol Pasuruan-Probolinggo, maka pengemudi yang berasal dari Pasuruan menuju Probolinggo maupun arah sebaliknya mempunyai dua alternatif rute yang dapat dilalui, yaitu rute jalan tol atau rute jalan nasional. Akibat keadaan tersebut maka dirasakan perlu untuk menganalisa perilaku perjalanan Pasuruan – Probolinggo untuk memilih jalan tol atau jalan nasional.
Studi dalam tugas akhir ini menganalisis pengemudi dalam melakukan pemilihan rute Pasuruan – Probolinggo dengan menggunakan model kurva diversi. Dengan dibangunnya jalan tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 44 km, pemilihan rute melalui jalan tol oleh pengendara tentu akan berpengaruh terhadap Biaya Operasi Kendaraan (BOK) dan waktu tempuh perjalanan berkurang, dimana nilai waktu perjalanan yang berlaku bagi masing-masing orang berbeda-beda. Penaksiran nilai waktu perjalanan merupakan salah satu faktor penting yang dapat dimanfaatkan untuk memperhitungkan pengeluaran pengguna jalan tol Pasuruan-Probolinggo yang mengacu pada studi tentang pemilihan rute.
Analisa menggunakan tiga jenis model kurva diversi: JICA I, logit binomial dan regresi pengali dengan kondisi yang berkaitan dengan biaya perjalanan dan waktu tempuh. Ketiga model menghasilkan formula tingkat diversi dan kurva yang berbeda-beda untuk masing-masing golongan kendaraan dengan nilai koefisien determinasi (R2) paling rendah sebesar 0,0000003 dan paling tinggi sebesar 0,616 yaitu kendaraan golongan V pada tahun 2017 model logit binomial kondisi waktu perjalanan yang dihemat dengan tingkat diversi rata-rata sebesar 2,5%. Persamaan yang dihasilkan yaitu :
P=exp[2,46-0,43 (X)]/(1+ exp[2,46-0,43 (X)] )
Pada perhitungan biaya operasi kendaraan dan nilai waktu pada jalan tol Pasuruan-Probolinggo lebih hemat dibandingkan dengan jalan nasional.
=================================================================
Probolinggo City is located in the east side of Pasuruan City. Currently, between Pasuruan and Probolinggo are connected by national road which is known as Pantura trough the length of 40,03 kilometers. The more days pass trip through Pantura is more increasing because of narrow road, high volume of traffic specially motorcycle and heavy vehicle, consequently there is congestion and the number of accidents increases because of mix traffic. One of the solutions is conducting highway construction of Pasuruan-Probolinggo. With the toll road, the driver who coming from Pasuruan to Probolinggo or reverse direction has two alternative route that can be passed, that is toll road route or national road route. Due the condition, then it is necessary to analyze the Pasuruan-Probolinggo trip behavior to choose between toll road or national road.
Research on this final project is to analyze the driver’s trip behavior in conducting route choice between Pasuruan-Probolinggo using diversion curve model. With toll road trough the length of 44 kilometers, route choice through toll road by the driver will affect the vehicle operation cost (VOC) and time value reduced, where the time value that applies to each person is different. The estimated time value is one of the important factors that can be utilized to take into account the expenditure of Pasuruan-Probolinggo‘s toll road users which refers to the study of trip assignment.
Analysis using three of diversion curve model : JICA I, binomial logit and multiplicative regression with conditions related to travel expenses and travel time. The three models produce different diversion rate and different shape of curve for each class of vehicles with coefficient of determination (R2). The lowest is 0,0000003 and the highest is 0,616 which is 5th class of vehicle on 2017 binomial logit model in travel time saved condition with diversion rate is 2,5%. The model represented by the following equation :
P=exp[2,46-0,43 (X)]/(1+ exp[2,46-0,43 (X)] )
In the calculation result of vehicle operation cost and time value on Pasuruan-Probolinggo’s toll rod is more saving than national road.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trip assignment, diversion curve, vehicle operating cost, time value, Pemilihan rute, kurva diversi, Biaya Operasi Kendaraan, nilai waktu |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4 |
Depositing User: | Almira Mili Rizkia |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 02:42 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/42886 |
Actions (login required)
View Item |