Desain Modifikasi Struktur Gedung Star Hotel Dan Apartemen Lombok Barat Dengan Sistem Ganda Dan Sebagian Balok Pratekan (CLOSE)

Ramadhani, Fajrin (2017) Desain Modifikasi Struktur Gedung Star Hotel Dan Apartemen Lombok Barat Dengan Sistem Ganda Dan Sebagian Balok Pratekan (CLOSE). UNSPECIFIED thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115105055-Undergraduate_Theses.pdf] Text
3115105055-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pada tugas akhir ini penulis mendesain gedung Star Hotel dan Apartemen Lombok barat dimana desainnya menggunakan desain Star Hotel dan Apartemen Semarang, yang sebagian strukturnya telah dimodifikasi yang mana nantinya pada lantai 11 akan dibuat sebuah ruangan yang bebas kolom atau hanya terdapat kolom ditepi, yang berfungsi sebagai ballroom.
Dari modifikasi tersebut diperlukan suatu struktur balok yang bisa menjangkau bentang panjang pada ruangan tersebut. Dari sini alternatif yang diperlukan adalah menggunankan balok Pratekan yang dapat menahan lendutan yang besar. Selain itu gedung ini direncanakan menggunakan sistem ganda, yaitu gabungan antara sistem rangka pemikul momen dengan dinding geser.
Perencanaan struktur gedung ini meliputi plat, balok, kolom, shearwall dan tangga mengikuti peraturan beton bertulang (SNI 2847-2013) dan perhitungan gempa mengikuti peraturan SNI 1726-2016.
Hasil dari tugas akhir ini adalah struktur gedung termasuk kategori desain seismik D,sehingga dapat menggunakan sistem ganda dengan sistem rangka pemikul momen khusus yang dimana direncanakan saat terjadi gempa mengalami simpangan maksimum sebesar 31,4 mm. Sedangkan untuk perencanaan balok beton pratekannya didapatkan 60/80 cm yang terdiri dari 1 tendon dengan 22 strand.
========================================================================================================================
In this final project, the author designs West Lombok Star Hotel and Apartment where the design was based on Semarang Star Hotel and Apartment’s design, which the structure has been partially modified. On the 11th floor will be built as a column free room or corner side-only column that functioned as a ballroom.
The modification required a beam structure which has long spans inside the room. Furthermore, the required alternative is using prestressed beams that can withstand high deflections. In addition, this building is planned using dual system, a combination of resisting moment frame system and shear wall.
The building structure plan contains slab, beam, column, shearwall and staircase which refers to reinforcement concrete regulation (SNI 2847-2013) and earthquake calculation refers to SNI 1726-2012.
Thus, result of this final project is the building categorized as D seismic design, therefore it is allowed to use dual system with resisting moment frame system that planned has 31.4 mm maximum deflection when the earthquake happens. Besides, beam prestressed concrete planning result is using 60/80 cm, consist of 1 tendon with 22 strands.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Hotel dan apartemen, Beton Pratekan, Sistem Ganda.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fajrin Ramadhani
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:45
Last Modified: 05 Mar 2024 10:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42891

Actions (login required)

View Item View Item