ANALISA PENGARUH VARIASI CONVEYING RATE DAN LUFFING ANGLE TERHADAP RESPON GETARAN MEKANISME PENGGERAK KONVEYOR BOOM PADA STACKER RECLAIMER PLTU PAITON BARU

KRISNAHADI, YANUAR (2016) ANALISA PENGARUH VARIASI CONVEYING RATE DAN LUFFING ANGLE TERHADAP RESPON GETARAN MEKANISME PENGGERAK KONVEYOR BOOM PADA STACKER RECLAIMER PLTU PAITON BARU. In: Proceeding Seminar Nasional Getaran Akustik 2014, Mechanical Engineering.

[img]
Preview
Text
2112204813-paperpdf.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2112204813-presentationspdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stacker Reclaimer (SR) merupakan salah satu peralatan utama dalam coal handling system yang memiliki fungsi untuk meletakkan dan menata batubara di stockpile/coal yard juga untuk mengambil batubara dari stockpile untuk ditransfer menuju silo melalui jalur conveyor.Kerusakan pada Stacker Reclaimer dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam proses pada coal handling system. Dengan tidak beroperasinya SR akan berimbas terhadap penurunan kapasitas rata-rata coal handling dari 1100 ton/jam menjadi 500 ton/jam dan pembengkakan biaya produksi untuk sewa dan bahan bakar alat berat. Untuk menjaga reliability SR, telah dilakukan pemeliharaan dengan metode preventive dan predictive maintenance. Salah satu cara dalam predictive maintenance yang dilakukan adalah dengan cara menganalisa spektrum vibrasi dan membandingkan trend yang terjadi. Pengukuran vibrasi dilakukan secara berkala pada saat peralatan beroperasi, kemudian menggunakan data pada awal pengukuran sebagai baseline. Namun hasil pengukuran vibrasi menunjukkan tren yang acak sehingga tidak dapat diketahui kondisi peralatan berdasarkan trennya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon getaran pada sistem pengerak boom conveyor dalam beberapa variasi kondisi operasi, melalui eksperimen dan simulasi respon getaran. Sumber eksitasi diasumsikan berasal dari tegangan konveyor pada drive pulley akibat dari proses material handling dengan frekuensi 1,237 Hz. Dari hasil pengukuran vibrasi pada setiap titik yang telah ditentukan, didapatkan amplitudo tertinggi terjadi pada frekensi 24,5 Hz, dimana frekuensi tersebut mendekatifrekuensi motor penggerak konveyor. Sedangkan amplitudo akibat tegangan konveyor memiliki nilai lebih kecil dibandingkan dengan frekuensi tersebut. Hal ini menunjukkan pada mekanisme penggerak konveyor boom tersebut terdapat sumber eksitasi lain yang sangat dominan dalam mempengaruhi nilai RMS overall. Dari proses simulasi dengan beberapa variasi luffing angle dan conveying rate, terlihat bahwa amplitudo respon getaran lebih tinggi terjadi pada arah sumbu x (horizontal), sedangkan untuk getaran arah sumbu y (vertikal) cenderung lebih kecil. Semakin besar luffing angle ataupun conveying rate akan menyebabkan terjadinya kenaikan pada nilai amplitudo.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Stacker recklaimer, conveyor, pemodelan sistem dinamis, respon getaran
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 16 Jun 2016 15:03
Last Modified: 27 Dec 2018 02:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item