Implementasi Virtual Data Center Menggungakan Linux Container Berbasis Docker dan SDN

Alauddin, Muhammad Fikri (2017) Implementasi Virtual Data Center Menggungakan Linux Container Berbasis Docker dan SDN. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100068-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5113100068-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Software Defined Networking (SDN) adalah teknik jaringan yang berbasis aplikasi sehingga pengguna hanya tinggal menjalankan saja dan software akan menghandle konfigurasi yang diperlukan, tidak seperti teknik jaringan konvensional yang memerlukan konfigurasi dari admin untuk masalah seperti routing. Oleh karena itu sangat cocok untuk diterapkan di Data Center berbasis virtual yang membutuhkan trafik yang sangat fleksible dan akses jaringan yang on-demand.
Di era modern ini, teknologi jaringan dituntut untuk akses yang semakin cepat dan semakin dinamis untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna yang semakin banyak. Sama halnya dengan Data Center. Oleh karena itu Tugas Akhir ini mengimplementasi kan Data Center berbasis virtual menggunakan Linux Container bebasis Docker dan SDN untuk menjawab akan permintaan akses yang dinamis dan on-demand.
Pada tugas akhir ini penggunaan Docker sebagai host dari Data Center berbasis virtual dinilai berhasil dan memang cocok untuk diterapkan. Dengan hasil performa yang dibilang berhasil dan dapat digunakan dan berjalan dengan baik. Docker terintegrasi dengan baik kedalam switch jaringan Data Center berbasis virtual yang dikontrol dengan controller yang berbasis dan menggunakan teknologi SDN. ========================= Software Defined Networking or SDN is networking technique that is application based so that what user need to do is just running it and the software will handling configuration that is needed, unlike conventional networking technique that need manual configuration from admin for problem like routing. So
SDN is very fitting to be used in Virtual Data Center that need highly flexible traffic and on-demand access to the network. In this modern era, networking technology is needed for better and faster access and needed to be more dynamic for fulfill the demand from the fastly increasing number of user. Same with Data Center. So this final project is implementing Virtual Data Center using Docker based Linux Container and SDN to answer the need for dynamic and on-demand access. In this undergraduate thesis, the usage of Docker as the host of the Virtual Data Center considered working and fit to use at the Virtual Data Center system itself, with satisfying bechmarking result and can run and work properly. Docker is integrated well with the switch in the networking system which is controlled by controller that is based and use SDN technology.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Software Defined Networking, Data Center berbasis Virtual, Software Container, Docker
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Fikri Alauddin
Date Deposited: 03 Oct 2017 02:50
Last Modified: 05 Mar 2019 06:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42924

Actions (login required)

View Item View Item