Optimasi Distribusi Produk Semen Dengan Mengunakan Pemrograman Dinamis. Studi Kasus PT. Semen Gresik

Basalamah, Fikri (2017) Optimasi Distribusi Produk Semen Dengan Mengunakan Pemrograman Dinamis. Studi Kasus PT. Semen Gresik. Undergraduate thesis, Institut teknologi sepuluh nopember.

[thumbnail of 5213100181-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100181-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan semen di Indonesia sangat tinggi. Kondisi tersebut mendorong pemilik perusahaan semen untuk selalu tetap menjaga ketersediaan semen dipasaran dengan caranya masing-masing.
PT. Semen Gresik yang tergabung sebagai perusahaan semen nasional juga selalu menjaga ketrsediaan semen pada seluruh jaringan distribusinya. Efektifitas dan efisiensi menjadi hal penting untuk mengirimkan prodak semen ke pasaran agar setiap toko yang berada di jaringan distribusinya tidak mengalami kekosongan barang.
Pada penelitian ini, digunakan metode dynamic progamming untuk melakukan optimasi pengiriman barang dari distributor ke toko. Penggunaan metode dynamic progamming sendiri dipilih karna paling sesuai untuk kondisi pasar yang selalu berubah-ubah dengan batasan-batasan yang kompleks.
Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa penggunaan pemrogramman dinamis pada distribusi semen memberikan hasil lebih optimal dibanding distribusi yang dilakukan sekarang. Pada hasil pengerjaan penelitian ini juga memberikan rute yang paling optimal untuk dilalui dalam mendistribusikan barang dari mulai gudang sampai dengan toko terahir.
=================================================================
Need of cement in indonesia is very high. This condition encourage cement company to always keep the availability of cement in the market
PT. Semen Gresik whichis a national cement company always maintain the cement availability in their distribution network. Effectiveness and efficiency become important to send cement to the market so that every store warehouse do not empty.
In this research, dynamic programming method is used to optimize the delivery of cement from distributor to store. Dynamic programming chosen because it�s most suitable for constantly changging market condition with complex constraints.
The results of this study show that the used of dynamic programming in cement distribution provide optimal result than the current distribution process. This research also provides the most optimal route to pass in distributing cement from the warehouse to the last store.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 003.85 Bas o
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Distribusi, Dynamic Progamming, Optimization, Distribution
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fikri -
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:32
Last Modified: 05 Mar 2019 07:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42983

Actions (login required)

View Item View Item