Optimasi Produksi Ready Mix Concrete Dengan Pemrograman Linier Pada Sebuah Perusahaan Industri Beton Di Jakarta

Gultom, Tumpal Salomo (2000) Optimasi Produksi Ready Mix Concrete Dengan Pemrograman Linier Pada Sebuah Perusahaan Industri Beton Di Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3193100088.pdf]
Preview
Text
3193100088.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

PT. Pioneer Beton lndustri Jakarta merupakon perusahaan industrl besar yang memiliki lima buah batching plant dl wilayah Jobotabek. Mosing-mosing batching plant ini memproduksi lima jenis ready mix concrete. yaitu mutu K-175, K-225, K-250, K-300 dan K-400. Untuk perencanaan produksi satu tahun ke depan, perusahaan rnenemukan rnasalah berapa banyak ready mix concrete yang akan
diproduksi oleh masing-masing batching plant sehingga dapat meminimkan biaya produksl.
Pemrograman linier rnerupakan pendekatan pemecahan masalah yang dikembangkan untuk situasi yang melibatkan fungsi linier maksimasi atau minimasi yang di pengaruhi oleh kendala linier yang membatasi tingkat pencapaian tujuan tersebut. Proses pemrograman linier ini didahului dengan pemodelan matematis terhadap fungsi tujuan dan fungsi kendala. Total biaya produksi ready mix concrete oleh masing-masing batching plant dimodelkan sebagai fungsi tujuan. Sedangkan kapasitas penuh produksi masing-masaing batching plant dan permintaan pasar akan ready mix concrete dimodelkan seoogoi fungsi kendala. Untuk pernmintaan pasar akan ready mix concrete satu tahun ke depan dapat diperkirakan dengan melakukan pendekatan peramalan (forecasting). Setelah proses pemodelan ini selesai langkah selanjutnya adalah analisa pemrograman linier dengan menggunakan Metode Simplek.
Hasil analisa ini akan menunjukkan solusi optimum yakni jumlah ready mix concrete yang diproduksi oleh masing-masing batching plant serta total biaya produksi yang minimum terhadap solusi optimum tersebut. Setelah itu dilakukan interpretasi terhadap harga dual variabel fungsi tujuan maupun fungsi kendala dan analisa sensitivitas, yang nantinya akan memberikan gambaran bagi perusahaan dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 666.893 Gul o
Uncontrolled Keywords: Optimasi produksi, ready mix concrete, pemrogramamn linier
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > Economic forecasting--Mathematical models.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: siti kholi siti kholifah siti kholifah
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:24
Last Modified: 09 Aug 2017 08:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43069

Actions (login required)

View Item View Item