Implementasi Enkripsi Text Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard dan Elliptic Curve Cryptography

Aziz, Armirara Refa (2017) Implementasi Enkripsi Text Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard dan Elliptic Curve Cryptography. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100174-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5113100174-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keamanan data selalu menjadi perhatian khusus dalam era digital. Pengiriman data melalui jaringan internet memungkinkan seseorang melakukan pencurian data ditengah pengiriman. Enkripsi adalah metode untuk mengamankan sebuah data. Enkripsi mengubah data yang dapat dibaca menjadi data yang tidak dapat dibaca (ciphertext) menggunakan algoritma tertentu.
Advanced Encryption Standard (AES) adalah algoritma enkripsi simetrik yang memerlukan kunci yang sama untuk proses enkripsi dan dekripsi. Algoritma AES sering digunakan untuk mengamankan data yang besar karena cepat dan efisien tetapi memiliki kekurangan manajemen key yang komplek dan tidak aman. Elliptic Curve Cryptography (ECC) adalah algoritma enkripsi asimetrik yang memerlukan kunci yang berbeda untuk proses enkripsi dan dekripsi. ECC memiliki manajemen key dan keamanan yang baik namun hanya cocok untuk data berukuran kecil.
Penelitian ini menggabungkan metode AES dan ECC pada aplikasi berbasis website dengan cara data text dienkripsi menggunakan algoritma AES lalu AES key dienkripsi menggunakan algoritma ECC. Data dalam bentuk ciphertext adakan dikirimkan bersama dengan AES cipherkey melalui jaringan umum. Proses enkripsi dan dekripsi akan dilakukan pada sisi client yaitu pada browser.
Kecepatan proses enkripsi dan dekripsi yang dilakukan di browser memiliki trendline naik seiring pertambahan ukuran file dan dipengaruhi oleh service lain yang sedang berjalan pada browser. Ukuran cipher mengalami penambahan dengan rata-rata 36,297% untuk text dan 76,835% untuk file.
====================================================================================================
Data security is always be a special concern in digital era. Data transmitionover the internet network allows people to capture the data during submissions. Encryption is a method for secure data. Encryption convert readable data into non-readable data (ciphertext) by using particular algorithm.
Advanced Encryption Standard (AES) is a symmetric encryption algorithm that requires same key for encryption dan decryption. AES is often used to secure large data due to fast and efficient but has a lack of complex and unsafe key management. Elliptic Curve Cryptography (ECC) is an asymmetric encryption algorithm that require different key for encryption and decryption. ECC has good security and key management but it only suitable for small data.
This study combine AES and ECC algorithm in web based aplicataion by encrypting data text with AES algorithm and then encrypting AES key using ECC algorithm. The cipher data is sent along with AES cipher key over the public network. The encryption and decryption process will be done on the client side ie browser.
The running time of the encryption and decryption processes has a rising trendline as the file size increase and is influenced by other services running on the browser. The size of cipher has an increment with an average up to 36.297% for text and 76.835% for files.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AES, ECC, ECIES, Dekripsi, Enkripsi, Keamanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aziz Armirara Refa
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:09
Last Modified: 06 Mar 2019 02:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43082

Actions (login required)

View Item View Item