Faisal, Achmad Fajar (2017) Pengaruh Model Plastisitas pada Simulasi Tegangan Pengerolan Rim Velg Truk dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2713100122_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Rim atau velg pada kendaraan seperti truk merupakan kerangka dari sebuah roda yang menahan gaya dan tegangan akibat dari berat kendaraan serta gaya impak dari permukaan jalan. Salah satu proses dalam pembuatan velg adalah pengerolan (rolling/ roll forming), yang merupakan proses fleksibel dan hemat gaya serta dapat memproduksi bagian lembaran dengan profil kompleks. Proses pembentukan rim mengalami deformasi serta menghasilkan konsentrasi tegangan akibat proses pengerolan. Oleh karena itu, dilakukan analisis distribusi tegangan dari proses pengerolan rim velg truk untuk melihat konsentrasi tegangan yang dihasilkan. Hasil simulasi dengan menggunakan software ANSYS dan menggunakan metode elemen hingga menunjukan bahwa distribusi tegangan yang terjadi selama proses pengerolan berlangsung secara berbeda-beda pada tiap waktunya tergantung pada gaya yang diberikan pada permukaan tertentu. Model plastisitas yang digunakan antara lain bilinear isotropic, multilinear isotropic, dan nonlinear isotropic, setiap model plastisitas menunjukan tren yang hampir sama, dimana nonlinear menghasilkan nilai paling rendah pada tegangan Von Mises yang dihasilkan selama proses berlangsung.
=========================================================================================================
Rim is the outer edge of a wheel that holding the tire.It makes up the outer circular design of the wheel on which the inside edge of the tire is mounted on vehicles such as automobiles or trucks. One of the process in making a rim is roll forming, that is a flexible process and low force that also could produce a part of sheet with complex profile. Rim forming process itself experienced deformation and resulting in stress concentration due to the rolling process. The result of this simulation which using ANSYS software and finite element method show that stress distribution that occurred during the rolling process occurred differently at every second depends on the force that given to certain surface of the material. Plasticity models that used in this simulation are bilinear isotropic, multilinear isotropic, and nonlinear isotropic, every plasticity model shows more less the same trend, where nonlinear resulting the lowest value in Von Mises stress during the rolling process occured.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Plastisitas, Rolling, Rim, Distribusi Tegangan, Von Mises |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Achmad Fajar Faisal |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:16 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 06:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/43191 |
Actions (login required)
View Item |