Simulasi dan Analisa Tegangan Impak Pada Rim Velg Truk dengan Metode Elemen Hingga

Kurniawan, Fadli (2017) Simulasi dan Analisa Tegangan Impak Pada Rim Velg Truk dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2713100029-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Uji impact adalah pengujian dengan menggunakan pembebanan yang cepat (rapid loading) dimana gunanya untuk mengukur ketahanan bahan terhadap beban kejut. Pada penelitian sebelumnya telah banyak dilakukan penelitian simulasi impact pada bagian flange velg mobil, sementara pada penelitian kali ini akan dibahas mengenai pengujian impak pada bagian rim velg truk yang memiliki beban lebih berat dan sifat material lebih kaku. Penelitian yang dilakukan kali ini dilakukan dengan cara simulasi menggunakan software metode elemen hingga yang memiliki nilai lebih dalam efektifitas dan hasil yang mendekati eksperimental, yang kemudian akan dibandingkan tingkat keamanannya dengan variasi material, Dalam hal ini, material yang dipilih adalah material SS400 dengan nilai modulus elastisitas 210 GPa, material low carbon steel AISI 1018 dengan nilai 205 GPa, dan material mangan silikon ASTM A299 dengan nilai 200 GPa. Berdasarkan hasil simulasi didapatkan nilai tegangan von mises masing – masing material SS400, AISI 1018 dan ASTM A299 secara berurutan yaitu 425 MPa, 368 MPa, dan 335 MPa, berpedoman pada studi litelatur hasil tersebut dapat dikatakan valid karena nilai tegangan von mises berbanding lurus dengan nilai modulus elastisitas dan nilai regangannya, serta berbanding terbalik dengan nilai displacement nya. Jika ditinjau dari tingkat keamanannya, ketiga material tersebut masih aman digunakan karena hasil tegangan von mises masih berada di bawah nilai Ultimate Tensile Strength (UTS). Masing- masing material memiliki nilai UTS yaitu sebesar 480 MPa, 440 MPa dan 585 MPa untuk material SS400, AISI 1018 dan ASTM A299, Dalam hal ini, material yang paling aman adalah material mangan ASTM A299 karena memiliki selisih paling besar antara nilai von mises dan UTS nya. Pada penelitian kali ini belum dapat menguji tekanan dalam ban truck karena menggunakan ANSYS dirasa masih sangat sulit, Dengan demikian, permasalahan ini dapat dijadikan topik untuk penelitian selanjutnya dalam hal eksperimental atau software lain. ================================================================= The impact test is a test using rapid loading and is used to measure the resistance of the material to the shock load. Previous studies have focused on the impact simulation of car flange, this study, however, concentrates on the impact test of truck rims which is heavier and more rigid. This study used finite element method (FEM) software simulation which is highly effective and its result is close to that of the experiment. The result was then compared to the safety level from a variety of materials. The material used were SS400 with an elastic modulus of 210 GPa, low carbon steel AISI 1018 of 205 GPa, and silicon manganese ASTM A299 of 200 GPa. The von Mises data obtained from the simulation of SS400, AISI 1018 and ASTM A299 were 425 MPa, 368 MPa, and 335 MPa, respectively. Literature studies support the validation of the result because the value of von Mises voltage was directly proportional to the elastic modulus and the value of strain was inversely proportional to its displacement value. The three materials are safe to use since the von Mises voltages are still below the Ultimate Tensile Strength (UTS). SS400, AISI 1018, and ASTM A299 have a UTS value of 480 MPa, 440 MPa, and 585 MPa, respectively. The safest material is ASTM A299 manganese as it has the greatest difference between the value of the von Mises and its UTS. This study was not able to test the pressure of the truck inner tire using ANSYS, hence further studies are necessary.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 671.37 Kur s
Uncontrolled Keywords: Uji Impak, Metode Elemen Hingga, Rim Velg Truk, Impact Test, Finite Element Method, Rim of Truck Wheel
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Kurniawan Fadli
Date Deposited: 09 Nov 2017 07:57
Last Modified: 05 Mar 2019 07:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43229

Actions (login required)

View Item View Item