Perubahan Emisi Karbondioksida Setelah Pemindahan Kendaraan Pribadi Ke Kendaraan Berbasis Online Dan Monorel-Trem Di Kota Surabaya

Mulyani, Sri (2017) Perubahan Emisi Karbondioksida Setelah Pemindahan Kendaraan Pribadi Ke Kendaraan Berbasis Online Dan Monorel-Trem Di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3313100015-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3313100015-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan salah satu sektor penyumbang emisi CO2 terbesar di Kota Surabaya. Jumlah kendaraan pribadi di Kota Surabaya sampai tahun 2016 mencapai 2.492.309 kendaraan yang menyebabkan tingkat emisi yang cukup tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan pengurangan penggunaan kendaraan pribadi untuk membantu mengurangi emisi CO2. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan persentase minat pengguna kendaraan yang bersedia berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan berbasis online dan monorel-trem, yang selanjutnya dapat digunakan untuk menentukan perubahan besarnya emisi CO2 yang terjadi setelah pemindahan. Selain itu ditentukan juga faktor yang mempengaruhi pemilihan jenis kendaraan yang digunakan. Penelitian dilakukan dengan wawancara terhadap 379 pengguna kendaraan yang diambil secara random sampling. Perhitungan emisi dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 12 tahun 2010, sedangkan faktor signifikan dianalisa menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 55,33% pengguna kendaraan pribadi bersedia berpindah ke monorel-trem, 9,42% bersedia berpindah ke sepeda motor online dan sebanyak 13,25% bersedia berpindah ke mobil online. Akibat pemindahan pengguna kendaraan pribadi ini, terjadi perubahan emisi CO2 dalam bentuk reduksi emisi oleh monorel-trem sebesar 1,70% (53.940,95 ton CO2/tahun), dan pemindahan emisi dari kendaraan pribadi ke sepeda motor online sebesar 9,42% (293.599,93 ton CO2/tahun) serta dari kendaraan pribadi ke mobil online sebesar 13,25% (412.972,30 ton CO2/tahun).
Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan monorel-trem antara lain kemacetan lalu lintas, adanya kepastian jadwal, terdapatnya AC, tidak familiar terhadap rute jalan, biaya bahan bakar dan lebih terjangkau. Adanya kepastian jadwal merupakan satu-satunya faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan sepeda motor online. Sedangkan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan mobil online antara lain: lebih terjangkau, biaya bahan bakar, tidak familiar terhadap rute jalan, adanya kepastian jadwal serta kemungkinan terjadinya stress saat mengemudi.
========================================================================================================================
Transportation is one of the biggest contributor of CO2 emission in Surabaya. The number of private vehicle in Surabaya until 2016 reached 2.492.309 vehicles that causing high emission levels. Therefore it is necessary to reduce the use of private vehicles to help reduce CO2 emissions. This study aims to determine the percentage of private vehicle users interest who are willing to shift from private vehicle to online based transportation and monorail, which can be used for determine changes in the amount of CO2 emissions that occur. Furthermore, this study also determined the significant factors which affect the selection of public transport types. The study was conducted by interviewing 379 vehicle users. The forecast of emission is based on Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 12/2010, while the significant factors were analyzed using SPSS software.
The result showed that 55,33% of private vehicle users were willing to shift to the monorail, 9,42% users were willing to shift to online motorcycle and 13,25% users were willing to shift online cars. As a result of the movement of private vehicle user, there was a change of CO2 emissions in the form of reduction emission of 1,70% (53.940,95 tons CO2/year), and the transfer of emissions from private vehicle to online motorcycle by 9,42% (293.599,93 tons CO2/year) as well as from private vehicle to online cars of 13,25% (412.972,30 tons CO2/year).
The significant factors which affect the selection of monorail are traffic congestion, certainty of schedule, there is air conditioning (AC), route unfamiliarity, petrol cost and more affordable. The certainty of schedule is the only factor that has a significant effect on the selection of online motorcycle. While the significant factors which affect the selection of online cars are more affordable, fuel costs, route unfamiliarity, the certainty of schedule and stress of driving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Emisi CO 2 , Kendaraan Pribadi , Mobil Online , Monorel - Trem, Sepeda Motor Online
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sri Mulyani .
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:19
Last Modified: 05 Mar 2019 06:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43296

Actions (login required)

View Item View Item