Potensi Pengurangan Penggunaan Kendaraan Pribadi di Daerah Pinggiran Kota Palembang Melalui Integrasi Jaringan Feeder Dengan BRT

Nur'Afalia, Dian (2017) Potensi Pengurangan Penggunaan Kendaraan Pribadi di Daerah Pinggiran Kota Palembang Melalui Integrasi Jaringan Feeder Dengan BRT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3613100048-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview

Abstract

Kota Palembang adalah sebuah kota berkembang dengan permintaan akan transportasi yang tinggi seiring dengan kepadatan dan kemacetan yang telah terjadi di Kota Palembang. Pengembangan transportasi umum, yaitu BRT telah ada sejak tahun 2010. Berdasarkan Masterplan transportasi Kota Palembang tahun 2010, BRT dijadikan sebagai moda angkutan umum utama di Kota Palembang. Akan tetapi, permasalahan kemacetan di Kota Palembang terus bertambah dan penggunaan kendaraan pribadi terutama dari pinggiran kota terus meningkat. Hal tersebut dikarenakan jangkauan layanan BRT yang belum sepenuhnya menjangkau, sehingga penggunaan kendaraan pribadi menuju pusat kota masih dominan. Konsep network integration dengan penerapan jaringan feeder di wilayah pinggiran diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat potensi pengurangan penggunaan kendaraan pribadi dengan merumuskan rute jaringan feeder yang terintegrasi dengan BRT di Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif statistik, AHP dengan alat bantu Expert choice 11, route analysis dengan bantuan Software Tranetsim 0.4 dan simulasi. Hasil studi menunjukan bahwa sebanyak 199 sampel berpotensi berpindah ke BRT jika terdapat jaringan feeder yang optimal. Penentuan jaringan feeder ditentukan berdasarkan indikator karakteristik kawasan dengan bobot 0,568 dan coverage area dengan bobot 0,432 Dari bobot tersebut kemudian ditentukan rute terbaik melalui route analysis menggunakan Tranetsim 0.4 Hasil pemodelan jaringan feeder diperoleh 13 rute feeder terbaik yang terintegrasi dengan BRT di wilayah pinggiran menuju pusat Kota Palembang. Melalui hasil simulasi perbandingan jarak, dengan adanya jaringan feeder yang terintegrasi dengan BRT, potensi pengurangan kendaraan pribadi mencapai 58,7%. ============================================================================================== Palembang is developed city with high demand of transportation along with the population density and congestion that has occurred in te city. The development of public transportation namely BRT has already been existed since 2010. Based on transportation masterplan of Palembang city in the year 2010, BRT as made as Palembang public means of transportation. However, congestion problems continue to grow and use of private vehicles especially from urban areas continue to increase. It is because the reach of BRT service is not fully spread widely so that the use of private vehicle toward city centre is still dominant. Integration network concept by applying feeder network in suburban areas is expected to be able to cope with the problem. This study aims to see the potential to reduce the use of private vehicles by formulating integrated feeder network route with BRT in Alang-Alang Lebar subdistrict, Palembang city. This study uses AHP statistical descriptive research method using Expert Choice 11 aids, route analysis with the help of Tranetsim 0.4 softwar e and simulation. The study result show that 199 samples have the potential to move to BRT if there is an optimal feeder network. The determination of feeder network is based on area characteristic indicator with a weight of 0.568 and coverage area with a weight of 0.452. from the weight, then the best route is determined by the best analysis integrated with BRT in suburban areas toward the city centre of Palembang. from the simulation result of distance comparison using feeder network integrated with BRT, the reduction potenstial of private vehicles has reached 58,7% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Integration, BRT, Feeder Route
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Dian Nur'afalia
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:41
Last Modified: 06 Mar 2019 02:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43621

Actions (login required)

View Item View Item