Sajjana, Bastianes Paramartha (2016) Perencanaan Pola Transportasi Kapal Penumpang Dan Barang Di Wilayah Kepulauan : Studi Kasus Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4108100010-Undergraduate-Theses.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Sumenep merupakan wilayah paling timur dari pulau Madura dan
merupakan gerbang utama untuk menuju wilayah kepulauan. Maka dari itu diperlukan
konektivitas antar pulau dengan sarana transportasi laut. Tidak didukungnya sarana
transportasi laut secara optimal menyebabkan konektivitas antar pulau putus.
Maka dari itu Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendapatkan pola transportasi antar
pulau di Sumenep dengan menggunakan pola jaringan transportasi untuk wilayah berbasis
kepulauan. Metode yang digunakan dalam kasus ini adalah TSP (Traveling Salesmen
Problem) dengan mencari rute yang optimal untuk menekan biaya minimum perjalanan
dengan syarat melewati semua titik tujuan dalam grup yang bersangkutan tepat satu kali.
Teori jaringan yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah Multiport Calling.
Dari hasil kapal eksisting yang ada saat ini di wilayah Kepulauan Sumenep, terplih
KM (Kapal Motor) Sabuk Nusantara 27 dengan kapasitas muat 300 Penumpang dan
kapasitas barang 400 Ton, Dari perhitungan didapatkan rute yang optimum beserta biaya
minimum, yaitu Kalianget-Sapudi-Kangean-Masalembu-Kalianget dengan jarak minimum
303 Nm, dengan biaya per unit barang Rp.362,740 per ton, dan Rp.111.896 biaya per unit
penumpang
======================================================================================
Sumenep is the most eastern region of the island of Madura and is a major gateway for
a connection to the archipelago. Thus the necessary connectivity between islands by sea
transportation. Since it is not supported optimally by marine transportation, the inter-island
connectivity is about to break.
Therefore the goal of this final project is to obtain the pattern of inter-island
transportation in Sumenep using pattern-based transport network for the region of islands.
The method used in this case is the TSP (Traveling Salesman Problem) by finding the optimal
route to reduce the cost of travel in the condition that the minimum passing of all points in the
group concerned exactly once. Network theory used in this research is a multiport calling.
From the results of current ships in the Islands Sumenep, KM (Motor Vessel) Sabuk
Nusantara 27 is selected payload capacity of 300 passengers and cargo capacity of 400 tons,
from the calculation, the optimal route along with the minimum cost, as Kalianget-Sapudi-
Kangean-Masalembu-Kalianget with a minimum distance of 303 Nm, the cost unit of goods
per ton is Rp.362,740, and the cost of passenger per person is Rp.111.896.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 388.041 Saj p |
Uncontrolled Keywords: | Traveling Salesmen Problem, KM Sabuk Nusantara, biaya per unit, unit cost |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning V Naval Science > V Naval Science (General) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Anis Wulandari |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 05:29 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 07:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/43719 |
Actions (login required)
View Item |