Studi Literatur: Pengolahan Minyak dan Lemak Limbah Industri

Maharani, Valencia Safir (2017) Studi Literatur: Pengolahan Minyak dan Lemak Limbah Industri. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3313100045_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3313100045_Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perindustrian Indonesia semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan jaman. Hal tersebut dapat dilihat dengan bertambahnya jumlah kawasan Industri yang tersebar di Indonesia. Pertumbuhan jumlah kawasan industri berbanding lurus dengan peningkatan hasil limbah industri. Limbah industri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan agar tidak mencemari lingkungan.
Limbah industri adalah seluruh sisa hasil proses produksi yang sudah tidak dapat dimanfaatkan atau digunakan kembali karena tidak memiliki nilai jual. Limbah industri dapat berbentuk padat, cair, dan gas. Pada limbah industri terdapat berbagai parameter, yaitu parameter organik dan anorganik. Salah satu contoh parameter organik adalah minyak dan lemak. Minyak dan lemak yang terkandung dalam limbah industri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan. Namun, pada beberapa efluen limbah industri masih terdapat konsentrasi minyak dan lemak yang melebihi baku mutu. Kondisi badan air juga banyak yang tercemar oleh minyak dan lemak. Pengolahan minyak dan lemak dapat dilakukan dengan menggunakan pengolahan secara fisik, kimiawi maupun biologis. Pada kajian pustaka ini akan dibahas mengenai pengolahan minyak dan lemak dalam limbah industri secara fisik, kimiawi dan biologis. Faktor utama yang menentukan jenis pengolahan limbah industri adalah karakteristik minyak dan lemak yang dihasilkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian pustaka agar memudahkan dalam menentukan jenis pengolahan minyak dan lemak yang ideal.
Kajian pustaka ini memberikan informasi mengenai jenis industri yang menghasilkan minyak dan lemak dalam limbahnya, karakteristik minyak dan lemak yang dihasilkan, dan jenis pengolahan minyak dan lemak yang ideal. Kajian pustaka
bersumber dari jurnal, buku maupun artikel dalam jangka waktu diusahaka selama 5-10 tahun terakhir. Jumlah pustaka yang akan digunakan minimal 30 buah. Hasil dari kajian pustaka akan disajikan dalam bentuk tabel dan/atau matriks untuk merepresentasikan informasi yang telah dirangkum sehingga memudahkan pembaca memahaminya. Hasil studi konfigurasi sistem pengolahan minyak dan lemak yang ideal dapat berupa fisik-kimia, fisik biologis dan biologis-kimia. Konfigurasi sistem pengolahan fisik-biologis mampu mengolah influen minyak dan lemak mulai dari 20 mg/l hingga 21600 mg/l, konfigurasi sistem pengolahan kimia-biologis mampu mengolah influen minyak dan lemak mulai hingga 2680 mg/l, sedangkan konfigurasi sistem pengolahan fisik-kimia mampu mengolah influen minyak dan lemak mulai dari 26 mg/l hingga 15000 mg/l. Studi kasus yang digunakan untuk merepresentasikan metode penentuan jenis pengolahan minyak dan lemak yang ideal. Studi kasus pada kajian pustaka ini berasal dari data sekunder salah satu industri yang menghasilkan minyak dan lemak dalam limbahnya. Ketiga studi kasus membutuhkan konfigurasi pengolahan fisik-biologis.========================================================================================================
Nowadays, Indonesia's industry is growing rapidly due to the increase amount of industrial sector in many area in Indonesia. The increase is directly proportional to the increase of industrial wastewater. Industrial wastewater contains harmful pollutant that can be dangerous for human or the environment itself. Pollution caused by oil and grease are endangering aquatic resources that affect drinking water and groundwater resources, endangering human health and destructing the natural landscape. To reduce the enviromental pollution specially in the river, there must be a treatment for it. There are three types of industrial wastwater, solid, liquid and gaseous.
There are two types of parameters in industrial wastewater, organic parameter and inorganic parameter. Oil and grease are the examples of organic parameter. Complexity of oil and grease component need more attention to reduce it. However, in some industry effluent still contains oil and grease that exceed the quality standard. Treatment of oily wastewater can be divided into three methods namely physical, biolgical and chemical treatment. To identify the ideal treatmet for oily wastewater, the main factor is the characterization of oil and grease.
In this review, the development status of treatment methods was summarized from journal article, book, proceeding conference, and regulation within 5-10 years at least. This review contains information about industry that have oil and grease inside the wastewater, the charcterization of oil and grease and the ideal treatment for oil and grease. The minimum amount of literature used in this reviews are 30. The final result will be represnted in table so that the readers can easily understand it. A case study in this review will be used as secondary data. An industry used for case study is industry that produce oil and grease inside the
wastewater. Finally, the development and prospect of treating oil and grease wastewater was predicted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: limbah industri, minyak dan lemak, pengolahan biologis, pengolahan fisik dan pengolahan kimia
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD646 Sewage--Purification
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Valencia Safir Maharani
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:12
Last Modified: 06 Mar 2019 03:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43769

Actions (login required)

View Item View Item