Firdausyi, Adilat Ahmad and Haidir, Ali (2017) Modifikasi Desain Struktur Dermaga CUrah Cair Kapasitas 10.000 DWT di Kecamatan Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3114030020-3114030044-Non_degreee.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
Abstract
Dermaga Sangatta merupakan dermaga yang melayani bongkar muat minyak di pelabuhan Sangatta, kabupaten Kutai Timur, provinsi Kalimantan Timur. Dalam operasionalnya, dermaga Sangatta melayani kapal sebesar 30.000 DWT. Konstruksi eksisting dari dermaga Sanggata adalah konstruksi yang menonjolkan tentang keekonomisan struktur dengan pembangunan prasarana utama. Dalam perencanaan ini, kami melakukan suatu modifikasi desain dengan meningkatkan tingkat kenyamanan dan keamanan dalam operasional dermaga, yaitu dengan penambahan platform bongkar muat serta trestle penghubung ke daratan. Rancangan desain yang dibuat diperuntukkan bagi kapal dengan kapasitas 10.000 DWT.
Dalam perencanaan yang dilakukan, terdapat total lima struktur yang dihitung yaitu platform yang berfungsi sebagai tempat bongkar muat kapal, trestle yang menjadi jembatan penghubung antara dermaga dan daratan, mooring dolphin sebagai tempat bertambat kapal, berthing dolphin sebagai tempat bersandar kapal serta catwalk yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antar struktur. Pada struktur bawah direncanakan penggunaan steel pile dengan diameter 800 mm untuk struktur platform, berthing dolphin dan mooring dolphin. Serta steel pile diameter 600 mm untuk trestle dan catwalk.
Berdasarkan perencanaan modifikasi desain yang dilakukan, di dapatkan dimensi platform dermaga adalah 30 meter x 19,5 meter dengan elevasi +4,64 LWS. Dimensi mooring dolphin sebesar 5 x 6 meter dan dimensi berthing dolphin sebesar 6 x 8 meter. Untuk panjang trestle disesuaikan dengan jarak antara dermaga dan daratan, yaitu 990 meter. Dermaga yang rencanakan akan dilengkapi dengan beberapa prasarana utama dermaga yang terdiri dari fender SUC1150H, bollard MT50, serta marine loading arm B0030.
================================================================================
Sangatta Port is a port which has an important role to
distribute the oil resources in Sangatta, Kutai Timur Districts, East
Borneo. To perform its role, Sangatta Port was designed to be able
to serve 30.000 DWT dan 55.000 DWT ship. The existed structure
of this port was a design which focused on the economic side where
the construction was only built in the major structure like berthing,
mooring and pump facilities. In this planning project, we provide
a design which increase the safety and mobility in the port
operational process where we added a platform for unloading
activity and a trestle to connect the port and the beach. This design
a made for 10.000 DWT ship capacity.
This final project is to make a planning structure for five
part of the port. These are platform which is used for the unloading
activity, trestle which is used as a bridge between port and beach,
mooring dolphin to tie the ship rope, berthing dolphin for bumping
spot of the ship, and catwalks to connect the other four structure.
The bottom structure was using the steel pile with 800 cm in
diameters for platform, berthing dolphin, mooring dolphin. For
the trestle and catwalk, there was used the 600 mm diameters steel
pile.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dermaga, Sanggata, curah cair, kapal 10.000 DWT, berthing, mooring, platform, trestle. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering) T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Vocational |
Depositing User: | Ali Haidir |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 07:37 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 02:53 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/43783 |
Actions (login required)
View Item |