Pengaruh kepuasan kerja, motivasi kerja, dan kepemimpinan terhadap Organizational citizenship behavior dan kinerja karyawan PT.MSH Niaga Telecom Surabaya

Putra, Dimas Pratama (2017) Pengaruh kepuasan kerja, motivasi kerja, dan kepemimpinan terhadap Organizational citizenship behavior dan kinerja karyawan PT.MSH Niaga Telecom Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9114201409-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
9114201409-Master_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. MSH Niaga Telecom adalah perusahaan yang bergerak sebagai penyelenggara jasa telekomunikasi khususnya penyelenggara jasa nilai tambah teleponi yaitu penyedia layanan calling card. Pada tahun 2009, penyelenggara jasa nilai tambah teleponi mengalami penurunan signifikan, dan selanjutnya terus berkurang. Ini disebabkan oleh konsumen yang beralih kepada teknologi lain untuk berkomunikasi seperti seluler dan internet. Sehingga banyak penyelenggara yang akhirnya tutup atau merger kepada perusahaan yang produk layanannya sedang mengalami kenaikan penjualan. Berdasarkan penilaian internal kinerja karyawan, karyawan dengan nilai memuaskan mengalami penurunan dari 79% di tahun 2014, 76% di tahun 2015, dan 74% di tahun 2016. Untuk meningkatkan kinerja tersebut perlu dilakukan pendekatan sumber daya manusia antara lain kepuasan kerja, motivasi kerja, kepemimpinan, dan organizational citizenship behavior (OCB).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan kerja, motivasi kerja dan kepemimpinan terhadap OCB dan kinerja karyawan PT. MSH Niaga Telecom cabang Surabaya dengan metode SEM-PLS. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah kepuasan kerja, motivasi kerja, kepemimpinan, OCB, dan kinerja. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dengan responden populasi karyawan PT.MSH Niaga Telecom Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB dengan nilai t-statistik 3,238, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan nilai t-statistik 2,038, dan OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan nilai t-statistik 2,911. Dengan diketahuinya variabel yang signifikan berpengaruh, kemudian dirumuskan strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan PT.MSH Niaga Telecom Surabaya.
===========================================================================================
PT. MSH Niaga Telecom is a company that operates as telecommunication service provider especially telephony value added service provider that is calling card service. In 2009, telephone value-added service providers declined significantly, and further reduced. This is due to consumers switching to other form of technologies to communicate like mobile and internet. Many service providers who eventually close or merge to companies whose service products are experiencing increased sales. Based on the internal assessment of employee performance, employees with satisfactory value decreased from 79% in 2014, 76% in 2015, and 74% in 2016. To improve the employee performance, by using human resources approach such as job satisfaction, work motivation, Leadership, and organizational citizenship behavior (OCB).
This study aims to determine how much influence job satisfaction, work motivation and leadership to OCB and employee performance of PT. MSH Niaga Telecom Surabaya branch with SEM-PLS method. Variables used in this study are job satisfaction, work motivation, leadership, OCB, and performance. Technique of collecting data using questioner with respondent of employee population PT.MSH Niaga Telecom Surabaya. The result of this research is job satisfaction have positive and significant effect to OCB with t-statistic value 3,238, leadership have positive and significant effect to performance with t-statistic value 2,038, and OCB have positive and significant effect to performance with t-statistic value 2,911. With the knowledge of significant variables influence, then formulated a strategy to improve employee performance of PT.MSH Niaga Telecom Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja, motivasi kerja, kepemimpinan, OCB (organizational citizenship behavior), kinerja, job satisfaction, work motivation, leadership, employee performance
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Dimas Pratama Putra
Date Deposited: 27 Sep 2017 11:16
Last Modified: 14 Apr 2020 02:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43833

Actions (login required)

View Item View Item