Permainan Realitas Virtual Kehidupan Hewan Nyamuk dari Sudut Pandang Orang Pertama menggunakan Google Cardboard

Basundara, Ken Genesius Meta (2017) Permainan Realitas Virtual Kehidupan Hewan Nyamuk dari Sudut Pandang Orang Pertama menggunakan Google Cardboard. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5113100114_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permainan realitas virtual adalah permainan yang menggunakan sudut pandang orang pertama yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Namun, saat ini permainan realitas virtual kebanyakan menjalankan simulasi kegiatan manusia dengan sudut pandang manusia. Belum ada permainan yang mensimulasikan kehidupan hewan dari sudut pandang hewan itu juga, khususnya di perangkat telepon genggam. Oleh karena itu, dibutuhkan permainan yang mensimulasikan kehidupan hewan dari sudut pandang hewan itu dengan harapan memperbanyak permainan yang sejenis serta mempelajari kehidupan hewan tersebut. Permainan realitas virtual ini dapat menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan sudut pandang orang pertama atau sudut pandang hewan itu sendiri, pengguna bisa lebih merasakan dan mempelajari dengan menjadi hewan tersebut. Pada Tugas Akhir, penulis membangun permainan realitas virtual kehidupan hewan nyamuk dengan menggunakan Google Cardboard. Permainan ini mensimulasikan hewan nyamuk dalam hal mencari makan, yaitu dengan menghisap darah manusia. Permainan ini dijalankan di perangkat telepon pintar android dengan menggunakan Google Cardboard sebagai media realitas virtual dan controller jarak jauh sebagai media penggerak. Uji coba permainan yang dibuat mengunakan metode kotak hitam dan kuesioner dari pengguna dengan mengujikan fungsionalitas permainan. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa permainan yang dibuat lebih nyaman digunakan oleh pengguna yang sudah terbiasa menggunakan Google Cardboard dan terbiasa memainkan menggunakan kontroller. Dari hasil kuesioner juga didapatkan bahwa permainan sudah cukup nyaman, mudah digunakan, dan mendapatkan sensasi menjadi hewan yang dimainkan. Dengan dibangunnya permainan ini, diharapkan banyak industri pembuat permainan membuat game yang sejenis agar dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran kehidupan makhluk hidup lain dan memperbanyak permainan realitas virtual pada perangkat genggam. ======================================================================================== Virtual reality games are games that use first-person view that is growing rapidly these days. However, today’s virtual reality games mostly runs the simulation of human activity with a human point of view, there are no games that simulates animal’s life from the animal’s point of view, especially on mobile devices. Therefore, it needs a game that simulates animal’s life from the animal’s point of view in the hope increasing similar games and learning about the animal’s life. This virtual reality games can be the best solution for solving the problem. With first person view or animal view itself, user can feel or learn better by becoming the animal. In final project, writer build virtual reality games of mosquito’s life using Google Cardboard. This game simulate mosquito in the case of feeding, which is by sucking human blood. This game run on Android smartphone with Google Cardboard as a virtual reality device and remote controller as control media. The experiment of this game is based on black box method and questionnaire from users by testing game functionality. From the result of the questionnaire shows that the game is more convenient by user who used to play with Google Cardboard and remote controller. From the questionnaire result also found that game is quite comfortable, easy to use, and get the sensation of being animal that are played. With the making of this game, it is expected many video games industry make similar games to be used for learning the lives of other living beings and increasing the virtual reality games on handheld devices.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Realitas Virtual, Google Cardboard, Simulasi, Kehidupan Hewan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Ken Genesiius Meta Basundara
Date Deposited: 22 Sep 2017 07:43
Last Modified: 06 Mar 2019 03:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43942

Actions (login required)

View Item View Item