Dewanata, Radhito Putra (2017) Pemasangan SVC Untuk Perbaikan Stabilitas Tegangan Sistem Transmisi Jamali 500 Kv Setelah Penambahan Pembangkit 1575 Mw Pada Tahun 2017. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2215105068-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Karakteristik beban akan sangat mempengaruhi kapasitas (capacity) dan kemampuan (capability) sistem dalam menyalurkan daya. Hal itu menyebabkan sistem transmisi dipaksa untuk beroperasi pada batas stabilitasnya, yang membuat sistem transmisi bekerja pada tekanan yang besar. Faktor utama yang mempengaruhi stabilitas tegangan pada sistem transmisi adalah limit daya reaktif generator, karakteristik dari beban yang terhubung, karakteristik dari peralatan yang mengkompensasi daya reaktif menyebabkan tegangan bus rendah, sehingga diperlukan suatu cara untuk meningkatkan tegangan dan menghilangkan ketidakstabilan tegangan dalam sistem tenaga. Dengan menggunakan perangkat FACTS performa sistem tenaga dan stabilitas sistem tenaga dapat ditingkatkan, salah satunya dengan Static VAR Compensator (SVC). Pada tugas akhir ini bertujuan untuk memperbaiki stabilitas tegangan terutama memperbaiki profil tegangan setelah adanya penambahan pembangkit 1575 MW pada sistem kelistrikan Jawa-Madura-Bali (Jamali) 500kV tahun 2017 dengan pemasangan SVC pada bus yang sensitif. Analisis stabilitas tegangan dapat dilakukan dengan metode kestabilan kurva PV dan digunakan metode sensitivitas tegangan untuk menentukan lokasi pemasangan SVC. Besar kapasitas SVC yang ditambahkan sebesar 287.4 MVAR pada bus 9 dan 296.6 MVAR pada bus 14. Dampak dari pemasangan SVC dapat dilihat pada profil tegangan bus terendah yaitu pada bus 9, yang sebelum pemasangan SVC 0.93636 pu, setelah perbaikan tegangan menjadi 0.95609 ========================================================================================================================
Load characteristic will greatly affect capacity and capability in channeling power. This causes the transmission system to be forced to operate at its stability limit, which makes the transmission system work at great pressure. The main factor affecting the voltage stability of the transmission system is the reactive power limit of the generator, the characteristics of the connected load, the characteristics of the equipment that compensate the reactive power cause the low bus voltage, so it takes a way to increase the voltage and eliminate the voltage instability in the power system. By using FACTS device the performance of power system and power system stability can be improved, one of them with Static VAR Compensator (SVC). This final project aims to improve the voltage stability, especially to improve the voltage profile to the addition of a P and Q load on the Java-Madura-Bali (Jamali) 500kV in 2017 with the installation of SVC on the sensitive bus. Analysis of voltage stability can be done by stability method of PV curve and used voltage sensitivity method to determine the location of SVC installation. Large SVC capacity added at 287.4 MVAR on bus 9 and 296.6 MVAR on bus 14. The impact of the SVC installation can be seen in its low bus voltage profile on the bus 9, which prior to the installation of SVC 0.93636 pu, after repairs voltage to 0.95609 p.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya Reaktif, Kestabilan tegangan, Static VAR Compensator (SVC), Kurva PV, Sensitivitas Tegangan |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Radhito Dewanata Putra |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 07:37 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 03:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/43948 |
Actions (login required)
View Item |