Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya yang Berkelanjutan Pada Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya

Larasati, Ni Ketut Ratih (2017) Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya yang Berkelanjutan Pada Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3613100031-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kampung Lawas Maspati adalah salah satu aset budaya di Kota Surabaya yang memiliki nilai historis dan beragam daya tarik budaya. Namun, potensi yang mendukung posisi kampung sebagai kampung wisata memiliki beberapa tantangan yang dihadapi yaitu lemahnya peran pemerintah dalam mengelola aset budaya di Kota Surabaya, dan kecenderungan modernisasi perkotaan yang mengancam eksistensi dari Kampung Lawas Maspati. Tujuan dalam penelitian ini adalah merumuskan strategi pengembangan pariwisata budaya yang berkelanjutan. Strategi disusun dengan mempertimbangkan prinsip pariwisata berkelanjutan yaitu terjaminnya kualitas hidup masyarakat setempat, perlindungan terhadap aset budaya, dan pengalaman wisatawan yang baik. Sasaran dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga diantaranya adalah identifikasi karakteristik kampung Lawas Maspati, identifikasi faktor pengaruh keberlanjutan pariwisata budaya pada kampung, dan penyusunan strategi pengembangan pariwisata pada kampung. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis konten, IFAS EFAS dan matriks SWOT. Hasil analisis IFAS dan EFAS dalam diagram cartesius SWOT, menunjukkan kampung Lawas Maspati berada pada posisi yang menguntungkan dengan faktor kekuatan dan peluang yang dominan dan growth strategy sebagai fokus utama strategi pengembangan. Berdasarkan hasil analisis terhadap faktor internal dan faktor eksternal dengan menggunakan matriks SWOT, terdapat empat strategi utama pengembangan pariwisata yang berkelanjutan yang dapat diimplementasikan pada Kampung Lawas Maspati diantaranya adalah strategi optimalisasi pengelolaan pariwisata budaya, strategi optimalisasi potensi home based enterprises pada kampung untuk mendukung kegiatan pariwisata, pemanfaatan budaya intangible pada kampung sebagai produk pariwisata budaya dan pengelolaan aset budaya tangibe pada kampung melalui peluang kerja sama. ======================================================== As a metropolitan city in Indonesia, Surabaya has numbers of urban kampung that the superiority and exsistence has been worldwide known. Kampung Lawas Maspati as one of the Surabaya’s cultural asets has numerous historical value yet various cultural attractions. However, the strengths that Kampung Lawas Maspati has as tourism kampung faced several threats and weaknesses such as the lack of stakeholders’s attention on cultural assets management, and the tendency of urbanization and urban center development that threatening the existence of the kampung. The purpose of this research is to define the development strategies of sustainable cultural tourism in Kampung Lawas Maspati. The strategies are developed by considering the principal of sustainable cultural tourism that are the guarantee of local people’s life quality, protection of cultural assets, and the quality of tourism experience. This research is divided into three parts which are the identification of kampung’s characteristics, the factors identification that influence the sustainability of Kampung Lawas Maspati’s cultural tourism, and the formulation of sustainable cultural tourism development strategies. The methods of this research are descriptive qualitative analysis, content analysis, IFAS EFAS, and SWOT analysis. The result of IFAS and EFAS shows that Kampung Lawas Maspati faces a profitable situation with the domination of sthrengths and opportunities. Growth strategy is the most suitable criteria for the kampung’s development strategies. The strategies that developed by SWOT analysis are optimalization of cultural tourism management, the optimalization of home based enterprises potential, the utilization of intangible cultural assets as the tourism product, and the management of tangible cultural asets through the cooperation opportunities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kampung wisata, strategi pengembangan pariwisata, SWOT, Kampung, tourism village, strategies, cultural tourism
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Ni Ketut Ratih Larasati
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:40
Last Modified: 06 Mar 2019 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44108

Actions (login required)

View Item View Item