Pemodelan Peluang Penggunaan Fasilitas Park and Ride Sebagai Upaya Peningkatan Penggunaan Transjakarta di Kota Tangerang

Ariyani, Bella Shintya Putri (2017) Pemodelan Peluang Penggunaan Fasilitas Park and Ride Sebagai Upaya Peningkatan Penggunaan Transjakarta di Kota Tangerang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3613100074-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kota Tangerang memiliki proporsi perjalanan komuter yang cukup besar menuju DKI Jakarta yakni sebesar 31,1% dan memiliki total perjalanan sebesar 423.000 perjalanan/hari. Angkutan Transjakarta merupakan pelayanan transportasi publik yang terpadu bagi daerah penyangga yang menuju Jakarta dan/atau sebaliknya. Angkutan Transjakarta disediakan guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi menuju Jakarta, namun transportasi umum ini masih minim penumpang. Komuter Kota Tangerang yang menggunakan bus Transjakarta untuk berkegiatan sehari-hari hanya sebesar 0,15%. Salah satu upaya untuk meningkatkan peran angkutan umum Transjakarta adalah dengan mengimplementasikan konsep park and ride. Sebagai upaya optimalisasi fasilitas park and ride perlu dilakukan studi mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan fasilitas park and ride serta peluang penggunaannya untuk meningkatkan penggunaan Transjakarta di Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi peluang penggunaan fasilitas park and ride sebagai upaya untuk meningkatkan penggunaan Transjakarta di Kota Tangerang. Untuk mencapai tujuan penelitian maka terdapat empat sasaran dalam penelitian ini yaitu: 1) menganalisis karakteristik pergerakan komuter di Kota Tangerang dengan menggunakan analisis statistik deskriptif; 2) menganalisis karakteristik fasilitas park and ride di Kota Tangerang dengan menggunakan analisis statistik deskriptif; 3) menganalisis preferensi pelaku pergerakan terhadap fasilitas park and ride dengan menggunakan analisis revealed preference; 4) menganalisis peluang penggunaan fasilitas park and ride di Kota Tangerang dengan menggunakan analisis regresi logistik biner. Hasil studi menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap peluang penggunaan park and ride adalah pendapatan (X5), lama perjalanan komuter (X8), biaya perjalanan (X9), kemudahan mendapatkan parkir(X13), kondisi jalur pejalan kaki pada fasilitas park and ride (X15), tingkat keamanan(X16), kemudahan mendapatkan angkutan pendukung pada halte tujuan (X19), dan tarif parkir(X20). Model peluang penggunaan park and ride yang dihasilkan dari penelitian ini: In (P/(1-P)) = -14,303 + 0,798 X5 + 1,020 X8 – 0,002X9 + 0,656 X13 + 0,706 X15– 0,658 X16 -0,594 X19 + 0,003 X20 p= 1/(1+e^(-(-14,303+0,798 X_5+1,020 X_8-0,002 X_9+0,656〖 X〗_13+0,706〖 X〗_15-0,658 X_16-0,594 X_19+0,003 X_20 ) ) ) Peningkatan peluang penggunaan park and ride dapat dilakukan dengan simulasi perubahan nilai variabel berdasarkan preferensi pelaku pergerakan terhadap variabel karakteristik park and ride. Perubahan nilai variabel kondisi jalur pejalan kaki (X15), kemudahan mendapatkan parkir(X13), tarif parkir (X20), kemudahan mendapatkan angkutan pendukung (X19), dan tingkat keamanan (X16) sesuai dengan kondisi ideal dari preferensi pelaku pergerakan dapat meningkatkan peluang penggunaan fasilitas park and ride hingga 99,9993%. ================================================================= The City of Tangerang has a substantial proportion of commuter trips of 31,1% or 423.000 trips/day to DKI Jakarta. Transjakarta is an integrated public transportation service for sub district-area to Jakarta and vice versa. Transjakarta is provided as public transportation to reduce private vehicle usage mainly to Jakarta, yet Transjakarta has not effectively utilized and remained not fairly reached significant amount of passengers. Only 0,15% of daily commuter in Tangerang City choose Transjakarta as mode of transportation. One of strategies to enhance Transjakarta as public transportation is the implementation of park and ride. In terms of optimizing park and ride facility, study is needed to examine factors that affect the usage of park and ride facility, and to examine the usage probability of this facility to increase Transjakarta utilization. The purpose of this research is to estimate the usage probability of park and ride facility to increase Transjakarta utilization in Tangerang City. Phases of this research consists of 4 stages 1) analysis of travel behavioral-characteristic of commuters in Tangerang City using statistic descriptive, 2) analysis of park and ride characteristic in Tangerang City using statistic descriptive, 3) analysis of commuter preferences towards park and ride facility using revealed preference, and 4) analysis towards usage probability of park and ride facility using binary logistic regression. Based on the results of the analysis, variables that have significant influence towards the using of park and ride facilities are income(X5), travel time(X8), travel expenses(X9), ease of obtaining parking(X13), pedestrian condition in park and ride facilities(X15), security level(X16), ease of obtaining mode access(X19), and parking cost(X20). Probability of using park and ride model resulting from this research is as follows: In (P/(1-P)) = -14,303 + 0,798 X5 + 1,020 X8 – 0,002X9 + 0,656 X13 + 0,706 X15– 0,658 X16 -0,594 X19 + 0,003 X20 p= 1/(1+e^(-(-14,303+0,798 X_5+1,020 X_8-0,002 X_9+0,656〖 X〗_13+0,706〖 X〗_15-0,658 X_16-0,594 X_19+0,003 X_20 ) ) ) The increase towards usage probability of park and ride facility can be exhibited by simulating the changes of variable values based on commuter preferences. Based on ideal condition from commuter preferences, changes on variables values of pedestrian condition in park and ride facilities(X15), ease of obtaining parking(X13), parking cost(X20), ease of obtaining mode access(X19), security level(X16) can increase the probability of using park and ride facilities up to 99,9993%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: park and ride, pemodelan peluang, regresi logistik biner, binary logistic regression, modeling probability, park and ride
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Bella Shintya Putri Ariyani
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:49
Last Modified: 24 Nov 2017 02:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44170

Actions (login required)

View Item View Item