Perancangan dan Pembuatan Web Crawler untuk Pengumpulan Bank Soal Matematika Sekolah Dasar dengan Framework Codeigniter, Library Phpcrawl, dan Simple Html Dom

Al Haiyan, Muhammad Jabir (2017) Perancangan dan Pembuatan Web Crawler untuk Pengumpulan Bank Soal Matematika Sekolah Dasar dengan Framework Codeigniter, Library Phpcrawl, dan Simple Html Dom. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100702-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5112100702-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sistem atau aplikasi yang dapat melakukan pencarian dan pengumpulan bank soal matematika sekolah dasar melalui internet. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan bank soal matematika sekolah dasar secara masif. Bank soal matematika ini akan digunakan untuk penelitian pengembangan model pembelajaran matematika secara adaptif atau disebut adaptive learning system.
Sistem pembelajaran adaptif mampu memberikan umpan balik otomatis yang disajikan pertanyaan dari kategori soal yang telah dipilih sebelumnya. Sistem pembelajaran adaptif juga memperhitungkan jawaban dan menyesuaikan diri dengan kemampuan kognitif siswa. Dengan sistem pembelajaran adaptif ini diharapkan agar siswa mampu menerima materi soal matematika lebih mudah.
Pembuatan aplikasi pengumpulan dan pencarian bank soal matematika pada tugas akhir ini menggunakan metode crawler. Crawler merupakan cara yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, web crawler dapat dengan segera menampilkan konten dan website yang relevan lalu menyimpannya ke dalam database sistem yang kemudian akan diklasifikasi berdasarkan tingkat pendidikan.
Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan menggunakan pemorgraman php, library PHPCrawl, dan simple HTML DOM. PHPCrawl library digunakan untuk menelusuri semua link yang terkait pada URL yang telah diinputkan dan Simple HTML DOM library digunakan untuk mengambil informasi bank soal matematika pada halaman website.
========================================================================================================================This final project research is aimed to build a system or application that that is able to search and collect elementary school Mathematics questions’ bank using internet. Therefore, what is being a background in this research is the need of massive elementary school Mathematics questions’ bank. This mathematics questions’ bank is going to be used for adaptive mathematics learning model development that can be called adaptive learning system.
Adaptive learning system is able to give automatic feedbacks that will be presented from questions category that has been chosen before. Adaptive learning system will also calculate the answers and adjust it with student cognitive ability so that the student will be able to receive the subjects dealing with Mathematics questions in easier way.
The build of the search and collect Mathematics questions’ bank in this final project is using crawler method. Crawler is a method used to gather some information which is separated in public pages. The main goal is to gather data so when the internet user types a keyword in his computer, web crawler could display the content and relevant websites as soon as possible then save it in system’s database which then clarified based on the study level.
This web bases application is built using php, library PHPCrawl, and simple HTML Dom. PHPCrawl library is used to find all links related to URL that has been inputted to the system while Simple HTML DOM Library is used to retrieve Mathematics questions’ bank’s information on the website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Web Crawler, Questions’ Bank, Application, Mathematics
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Jabir Al Haiyan .
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:24
Last Modified: 06 Mar 2019 03:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44290

Actions (login required)

View Item View Item