Analisis Tingkat Kebisingan yang Ditimbulkan Oleh Aktifitas Bandara Udara dan Upaya Pengelolaannya

Chimayati, Rachmi Layina (2017) Analisis Tingkat Kebisingan yang Ditimbulkan Oleh Aktifitas Bandara Udara dan Upaya Pengelolaannya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3313100117-UNDERGRADUATE_THESES.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara adalah bandara terbesar kedua di Indonesia setelah bandara udara Soekarno-Hatta yang memiliki jam operasional penerbangan yang cukup padat dan sibuk. Dimana dalam operasionalnya bandara tersebut menimbulkan kebisingan yang cukup menimbulkan masalah bagi lingkungan sekitar yang menerima dampak tersebut secara langsung adalah pekerja. Pekerja Bandara adalah subjek pertama yang paling rentan terhadap gangguan fisik dan psikis seperti kerusakan pendengaran yang diakibatkan oleh aktifitas bandara khususnya suara yang ditimbulkan oleh mesin jet pesawat. Khususnya para karyawan yang menangani operasional penerbangan terutama bagian ground handling pesawat terbang dan pendududk sekitar bandara yang berada di jalur lepas landas (take off) dan pendaratan (landing). Oleh sebab itu diperlukan upaya pengendalian kebisingan di lingkungan sekitar bandara demi mengurangi potensi bahaya yang ditimbulkan dari kebisingan bandara yang dapat mengganggu kenyaman dan kesahatan manusia. Penelitian ini adalah melakukan pengambilan data primer dan skunder. Pembacaan data primer tingkat kebisingan di bandara udara pada 7 waktu sesuai dengan KEPMEN LH No.48 Tahun 1996 dengan menggunakan Sound Level Meter (SLM) dan Global Positioning System (GPS) Sebagai alat menentukan titik kordinat lokasi pengambilan sampel. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengambilan dan pembacaan data tingkat kebisingan di bandar udara pada waktu tertentu, mengetahui tingkat kebisingan bandar udara pada titik tertentu, dan membandingkan hasil pengukuran dengan baku mutu tingkat kebisingan yang telah di tetapkan pada peraturan KEPMEN LH No.48 Tahun 1996. Penelitian ini menggunakan Software surfer untuk mengolah data penelitian yang diambil secara langsung menjadi sebuah peta kontur dengan tujuan memudahkan pembacaan tingkat kebisingan di suatu lokasi. Penelitian ini dilakukan di 16 titik sampling yang berbeda dengan tingkat kebisingan dan faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitihan nilai kebisingan tertinggi terjadi pada saat hari libur dengan rata-rata nilai kebisingannya Wilayah sisi Udara Weekdays : 70,39 dB(A) Wilayah sisi Udara Weekdend : 72,04 dB(A), Wilayah sisi Darat Weekdays : 69,54 dB(A), Wilayah sisi darat Weekdend : 70,76 dB(A), Wilayah sisi Udara-Darat Weekdays : 69,35 dB(A), Wilayah sisi Udara-Darat Weekdend : 70,30 dB(A). Upaya pengelolaan lingkungan dapat dilakukan dengan pemasangan insulasi atau peredam suara pada gedung administrasi perkantoran dan operasional bandar udara, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk karyawan yang bekerja diarea bising, menanam tanaman disekitar badan jalan yang menuju bandar udara serta mempertahankan dan mengembangkan penanaman tumbuhan perindang pada zona penyangga yang berbatasan dengan pemukiman. Kata kunci : Baku mutu, Bandar Udara kualanamu,Dampak kebisingan, Kebisingan, Pekerja ================================================================== Kualanamu International Airport, North Sumatra is the second largest airport in Indonesia after the Soekarno-Hatta airport which has a busy and busy flight operational hours. Where in operational airport cause noise that enough cause problems for environment. Those who receive the impact directly are workers. Airport Workers are the first subject most susceptible to physical and psychological disturbances such as hearing damage caused by airport activity especially the noise generated by jet engines. Especially the employees who handle flight operations, especially the ground handling of aircraft and resident around the airport in take off and landing. Therefore it is necessary to control the noise in the environment around the airport in order to reduce the potential danger posed by the airport noise that can disturb the comfort and healty. This research is to collect primary and secondary data. The reading of the primary noise level data at the airport at 7 time in accordance with KEPMEN LH No.48 of 1996 using Sound Level Meter (SLM) and Global Positioning System (GPS) as a tool to determine the point of coordinate of sampling location. The purpose of this research is to take and read the noise level data at the airport at a certain time, to know the airport noise level at a certain point, and to compare the measurement result with the noise level standard that has been set in KEPMEN LH No.48 / 1996 regulation. This research uses surfer software to process research data taken directly into a contour map with the aim of facilitating the reading of noise levels at a location. The study was conducted at 16 different sampling points with the noise level and the factors that influenced it. Result of research of highest noise value happened during holiday with average of noise value Air side area Weekdays: 70,39 dB(A) Air side area Weekdays: 72,04 dB(A), Land side Area Weekdays: 69,54 dB(A), Land side area Weekdend: 70.76 dB(A), Air side-Land Area Weekdays: 69.35 dB(A), Air-side Land Area Weekdend: 70,30 dB(A). Environmental management efforts can be done by insulation or sound muffing in airport administration and airport operational buildings, the use of Personal Protective Equipment (APD) for employees working in noisy areas, planting plants around the road leading to the airport and maintaining and developing the planting of perindang In the buffer zone adjacent to the settlement.Keywords: Quality standard, Kualanamu airport, Noise impact, Noise, Workers

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Quality standard, your quality airport, Noise impact, Noise, Workers
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Rachmi Layina Chimayati
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:39
Last Modified: 06 Mar 2019 07:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44427

Actions (login required)

View Item View Item