Analisis Tekno Ekonomi Penggunaan Motor Induksi Tiga Fasa Sebagai Penggerak Utama Kapal Dan Sistem Pembangkit Listrik Hybrid ( Sel Surya Dan Diesel Generator) Pada Perencanaan Kapal Tanker 1700 DWT

Roswindha, irma (2017) Analisis Tekno Ekonomi Penggunaan Motor Induksi Tiga Fasa Sebagai Penggerak Utama Kapal Dan Sistem Pembangkit Listrik Hybrid ( Sel Surya Dan Diesel Generator) Pada Perencanaan Kapal Tanker 1700 DWT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213100079-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213100079-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan motor induksi tiga fasa sebagai penggerak utama kapal dan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya dan diesel generator) merupakan salah satu alternatif pengganti sistem penggerak konvensional yang saat ini masih banyak diterapkan pada kapal-kapal di Indonesia. Penggunaan motor induksi tiga fasa sebagai penggerak utama kapal dan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya dan diesel generator) ini guna mendukung pengembangan teknologi kapal ramah lingkungan ditengah maraknya isu global warming. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan motor induksi tiga fasa sebagai penggerak utama kapal dan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya dan diesel generator) dapat mengurangi konsumsi bahan bakar pada kapal sehingga dapat mengurangi emisi gas buang dari kapal khususnya kapal tanker. Selain itu juga dalam rangka memanfaatkan potensi sinar matahari Indonesia yang melimpah, agar tidak tebuang sia-sia. Sehingga sinar matahari dapat dimanfaatkan dengan tujuan lebih ramah lingkungan.
Pada penulisan tugas akhir ini akan dikaji secara teknis dan ekonomis mengenai penggunaan motor induksi tiga fasa sebagai penggerak utama kapal dan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya dan diesel generator). Analisis teknis dan ekonomis dilakukan dengan membandingkan penggunaan motor induksi tiga fasa sebagai penggerak utama kapal dan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya dan diesel generator) dengan sistem konvensional yang saat ini masih digunakan pada kapal-kapal di Indonesia.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa dengan penggunaan motor induksi tiga fasa sebagai penggerak utama kapal dan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya dan diesel generator) di kapal berpengaruh pada penghematan konsumsi bahan bakar di kapal, dalam perencanaan kapal tanker 1700 DWT penghematan konsumsi bahan bakar yaitu sebesar 4,8% per tahun. Biaya antara sistem konvensional dan sistem baru mencapai nilai yang sama pada 4,5 tahun setelah sistem dilakukan, dengan nominal sebesar RP. 60.000.000.000.
============================================================
One of the alternative as prime mover of ship is using three-phase induction motors as well as the source of power plan systems is using hybrid systems (solar cells and diesel generators). Where this systems support the development of environmentally friendly ship technology amid widespread of global warming issue. Because, the systems can reduce the ships fuel oil consumption and make reducing emissions. In addition, in order to exploit the potential of Indonesia's abundant sunshine, so as not to waste in vain. So that sunlight can be utilized with the aim of more environmentally friendly.
In this final project will be studied technically and economically about the use of three phase induction motor as the prime mover of ships and the hybrid power plan systems (solar cells and diesel generators). Technical and economic analysis is done by comparing the use of three phase induction motors as the prime mover of ships and the hybrid power plan systems (solar cells and diesel generators) with conventional systems that are still used in ships in Indonesia.
From the results of the research, it is known that the use of three phase induction motor as the prime mover of ships and the hybrid power plan systems (solar cells and diesel generators) in the vessel have an effect on the fuel consumption savings on the ship, in the planning of tanker 1700 DWT fuel consumption savings Ie 4.8% per year. The cost between the conventional system and the new system reaches the same value at 4.5 years after the system is performed, with a nominal RP. 60,000,000,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motor induksi tiga fasa, hybrid, sel surya, generator, kapal tanker.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7872 Electric current converters, Electric inverters.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Irma Aprillia Roswindha
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:42
Last Modified: 06 Mar 2019 07:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44456

Actions (login required)

View Item View Item